Bandung (ANTARA News) - Tim Pemenangan Marzuki Alie, Achsanul Qosasi, mengatakan, peluang Marzuki Alie memenangkan pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat makin terbuka setelah hasil voting dimenangkan opsi B yang mendukung pemilihan ketua umum dipercepat.

"Dari hasil voting itu kami yakin pemilihan ketua umum akan dilakukan tengah malam ini setelah pembahasan tata tertib," kata Achsanul Qosasi di lokasi Kongres II Partai Demokrat di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu malam.

Dikatakan Achsanul, Tim Marzuki Alie akan melakukan lobi-lobi untuk menambah dukungan terhadap Marzuki Alie pada malam ini sampai menjelang proses pemilihan.

Dengan hasil tersebut, kata dia, apalagi bisa ditambah sejumlah dukungan suara maka Tim Marzuki Alie optimistis bisa memenangkan pemilihan ketua umum.

Menurut dia, peserta kongres yang mendukung Marzuki Alie mengusulkan opsi agar dilakukan pemilihan ketua umum dipercepat guna menjaga kemurnian dukungan suara.

"Karena kalau pemilihan ketua umum ditunda hingga Minggu (23/5) siang, kami khawatir terjadi upaya transaksional sehingga sulit menjaga dukungan suara.

Dari hasil voting terhadap dua opsi pada pembahasan jadwal kongres, opsi B yang mengusulkan pemilihan ketua umum dipercepat mendapat dukungan 375 suara sedangkan opsi A yang sesuai dengan usulan panitia agar pemilihan ketua umum belakangan mendapat dukungan 130 suara.

Pada proses voting itu ada empat suara yang rusak, sehingga seluruhnya sebanyak 509 pemilik suara yang menggunakan hak suaranya dari 531 pemilik suara.

Menurut Achsanul, dari hasil voting tersebut menunjukkan dukungan riil terhadap kandidat dan bisa dibaca sebagai dukungan terhadap Andi Mallarangeng sebanhyak 130 suara serta dukungan terhadap Marzuki Alie dan Anas Urbaningrum sebanyak 375 suara>

Kongres II Partai Demokrat akan berlangsung hingga Minggu (23/5) diikuti peserta dari 497 dewan pimpinan cabang (DPC), 33 dewan pimpinan daerah (DPD) dan dewan pimpinan pusat (DPP).(*)
(T.R024/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010