Washington (ANTARA News/AFP) - Produsen mobil terkemuka AS, Chrysler, telah melunasi pinjaman dari pemerintah hampir setengah dari pinjaman asli yang dibuat untuk perusahaan bangkrut pendahulunya, Departemen Keuangan Amerika mengatakan Senin.

Pinjaman pembayar pajak empat miliar dolar diberikan kepada Chrysler Holding (CGI Holding), induk dari Chrysler LLC, perusahaan mobil "Chrysler Lama", yang pada Januari 2009 mengalami default (gagal) ketika mengajukan kebangkrutan pada April tahun lalu.

Departemen Keuangan, Senin mengatakan, telah menerima "sebuah pembayaran 1,9 miliar dolar" dari CGI "dalam penyelesaian salah satu pinjaman" pihaknya telah memperpanjang untuk pembiayaan "Chrysler Lama."

"Pembayaran ini, sementara kurang dari nilai nominal, secara signifikan lebih dari pada perkiraan departemen keuangan untuk pemulihan pinjaman ini," kata pernyataan depkeu.

Ini juga "lebih besar dari penilaian independen dari pinjaman" yang diberikan oleh perusahaan perbankan investasi Keefe, Bruyette dan Woods, yang disewa oleh depkeu sehubungan dengan transaksi tersebut. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010