Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksikan pasangan Muhammad Alamsyah dan Abdul Haris (Alam-Haris) , masing-masing sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan potensial menang satu putaran.

Direktur Eksekutif LSI Denny JA,Phd dalam siaran pers di Jakarta, Senin, mengatakan, pasangan Alam–Haris ini cukup unggul di semua segmen masyarakat pemilih dengan tingkat dukungan 35,6 persen responden, diikuti pasangan Irhami Ridjani dan Rudy Suryana (23,9 persen), Abdul Hakim-Sugian Noor (9,1 persen) dan
Bahrudin–Mursyid Arsyad (5,9 persen).

Survei itu diselenggarakan mulai tanggal 7-11 Mei 2010 dan dikerjakan dengan metode standar LSI, multistage random sampling, wawancara tatap muka dengan mennggunakan kuesioner kepada 440 responden dan dengan tingkat kesalahan sekitar 4,8 persen.

Keunggulan pasangan Alam–Haris ini juga tergambar cukup jelas bukan hanya pada tingkat elektabilitas, tapi juga pada tingkat pengenalan dan kesukaan. Muhammad Alamsyah, misalnya, dikenal oleh 89,0 persen responden calon pemilih dan disukai oleh sekitar 87,0 persen responden, sedang wakilnya, Abdul Haris juga dikenal oleh 76,4 persen responden dan disukai oleh sekitar 84,4 persen respondan.

Menurut Denny JA, dari empat pasangan yang akan bertarung dalam Pilkada Kabupaten Kotabaru tersebut, pertarungan yang cukup serius hanya akan terjadi pada dua pasangan, yaitu Alam-Haris dan Irhami–Rudy.

"Dari data survei LSI yang sejauh ini selalu akurat, pertarungan yang serius mungkin hanya akan terjadi pada pasangan Alam-Haris dan Irhami–Rudy. Sementara dua pasangan lainnya, kendati tetap tak boleh diremehkan, tapi mereka cukup berat untuk bisa menyusul karena jaraknya terlalu jauh, yakni dibawah 10 persen," katanya.

Namun begitu, Denny juga mengingatkan pasangan Alamsyah– Abdul Haris yang sudah bertengger diangkat teratas, yakni 35,6 persen. Kendati lebih unggul dari Irhami-Rudy, pasangan Alam-Haris tak boleh lengah.

Kandidat yang antara lain didukung Partai Golkar itu "bias" tersalip Irhami-Rudy jika tak hati-hati. Sebab, dari jumlah persentase suara yang akan memilih dalam Pilkada di Kotabaru itu terdapat kurang lebih 25,5 persen suara yang masih mengambang.

"Dari pengalaman kita selama ini, angka tersebut cukup besar karena potensial diperebutkan semua calon. Kalau Irhami-Rudy bisa merebut seluruh suara yang masih mengambang tadi, yaitu sebesar 25,5 persen, pasangan Alam-Haris bisa kalah. Walaupun, untuk bias memperoleh suara sebanyak itu tak mudah," demikian Denny JA.(*)
(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010