Jakarta (ANTARA) - Dua truk Mercedes-Benz terbaru yang ramah lingkungan, eActros dan GenH2, meraih penghargaan Truck Innovation Award 2021 berdasarkan keputusan juri International Truck of the Year (IToY) yang terdiri dari 25 editor dan jurnalis otomotif dunia.

Penghargaan diserahkan secara virtual kepada Martin Daum, Ketua Dewan Manajemen Daimler Truck AG dan Anggota Dewan Manajemen Daimler AG, dan Sven Ennerst, Anggota Dewan Manajemen Daimler Truck AG untuk Pengembangan, Pengadaan dan Wilayah China, pada tanggal 30 November 2020.

eActros merupakan truk listrik tugas berat berjangkauan 200 km yang rencananya akan diproduksi massal pada 2021, sedangkan GenH2 merupakan truk konsep sel bahan bakar yang memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 1000 km.

Baca juga: Perjalanan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia

Baca juga: Mercedes-AMG GT Black Series hadir di Australia dengan jumlah terbatas

Untuk GenH2 yang berbahan bakar hidrogen rencananya akan menjalani uji pelanggan pada 2023 dengan produksi dimulai pada paruh kedua dekade ini atau setelah 2025, menurut Daimler AG, induk dari Mercedes-Benz, dalam pernyataannya, dikutip Rabu.

"Kami merasa terhormat dan bangga bahwa juri International Truck of the Year telah mengakui eActros dan Truk GenH2 kami dengan Penghargaan Inovasi Truk 2021 yang bergengsi. Ini adalah penegasan kuat bahwa kami berada di jalur yang benar dengan strategi kami yang secara jelas berfokus pada teknologi lokal yang benar-benar netral CO2: tenaga baterai dan sel bahan bakar berbasis hidrogen," kata Martin Daum.

Juga pada bulan September tahun ini, Daimler Trucks mempresentasikan strategi teknologinya untuk elektrifikasi kendaraannya, mulai dari distribusi perkotaan hingga transportasi jarak jauh internasional, sehingga menegaskan kembali komitmennya terhadap tujuan Perjanjian Perlindungan Iklim Paris.

Sebagai bagian dari pendekatan komprehensif ini, untuk pertama kalinya Daimler Trucks juga menghadirkan arsitektur platform modular baru di seluruh dunia, yang disebut ePowertrain.

Pada tahun 2020, Daimler Trucks juga telah mempresentasikan pratinjau truk jarak jauh bertenaga baterai murni, Mercedes-Benz eActros LongHaul, yang dirancang untuk mencakup perjalanan reguler pada rute yang dapat direncanakan dengan cara yang hemat energi.

Daimler Trucks berencana menyiapkan eActros LongHaul untuk produksi seri pada tahun 2024. Jangkauannya dengan satu kali pengisian baterai akan mencapai sekitar 500 kilometer.

Para insinyur pengembangan di Truk Daimler telah mendasarkan Truk Mercedes-Benz GenH2 pada kemampuan truk jarak jauh Mercedes-Benz Actros konvensional dalam hal daya traksi, jangkauan, dan kinerja. Misalnya, versi produksi seri Truk GenH2 akan memiliki bobot kotor kendaraan 40 ton dan muatan 25 ton.

Dua tangki hidrogen cair khusus dan sistem sel bahan bakar yang sangat bertenaga akan memungkinkan muatan tinggi dan jarak jauh ini. Truk Daimler lebih memilih menggunakan hidrogen cair (LH2) karena memiliki kepadatan energi yang jauh lebih tinggi dalam kaitannya dengan volume daripada gas hidrogen. Akibatnya, tangki truk sel bahan bakar yang menggunakan hidrogen cair jauh lebih kecil dan, karena tekanannya yang lebih rendah, menjadi jauh lebih ringan.

Baca juga: Daimler dan Foton produksi truk
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020