Surabaya (ANTARA News) - Fotografer LKBN ANTARA Biro Jawa Timur, Eric Siswanto, meraih juara ketiga pada lomba foto jurnalistik tentang karya wisata Pemkot Surabaya ke Singapura dan Malaysia pada pertengahan April 2010.

"Beberapa hasil karya teman jurnalis ada yang pesimistis bahwa Surabaya bisa meniru Singapura, tapi ada juga yang optimistis bahwa Surabaya bisa meniru Singapura," kata salah satu Tim Juri Karya Wisata, Yayan Sakti Suryandaru, saat menyerahkan penghargaan kepada para juara lomba karya tulis dan foto di Balai Kota Surabaya, Jumat.

Adapun para pemenang lomba karya wisata tersebut yakni untuk karya tulis di media cetak adalah juara pertama diraih Zaini (wartawan Radar Surabaya), juara kedua Ihya Ulumudin (Sindo), dan Sofyan (Harian Bangsa).

Untuk reportase di media elektronik (radio), juara pertama diraih Teguh (Suara Surabaya), juara kedua Robby (Trijaya), dan juara ketiga Indriatno (RRI).

Untuk foto, juara pertama diraih Tarmudji (Sindo), Eddy Prasetyo (Suara Surabaya/SS.net) dan Eric "Ireng" Siswanto (LKBN ANTARA).

Menurut Yayan, tim juri telah melakukan beberapa penilaian seperti halnya untuk karya tulis berupa tata penulisan, bahasa, kreatifitas, dan daya tarik.

"Hasil dari penilaian dari tim juri menyebutkan hasil karya dari teman-teman jurnalis patut dibaca oleh pejabat pemkot dan para calon wali kota yang ada saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono menambahkan hasil karya dari para jurnalis tersebut diharapkan bisa menjadi acuan atau semangat baru untuk bisa menata kota lebih baik seperti yang ada di Singapura dan Malaysia.

"Kita harus mewujudkan mimpi kita menjadikan Surabaya menjadi lebih baik lagi. Untuk itu, saya mendorong Humas Pemkot Surabaya untuk tidak berkutat di dalam negeri saja, melainkan studi banding ke kota-kota di Asia," katanya.

Secara geografis, katanya, Surabaya tidak jauh berbeda dengan Singapura. "Hanya saja, hal yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Singapura bisa menjadi maju?. Itu yang harus dicari solusinya," katanya.(*)
(T.A052/E011/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010