Jakarta (ANTARA News) - ActionCOACH Indonesia menggiatkan program Coaching for a Cause kepada para pelatih bisnis di area Jakarta dan Bali dalam rangka mensukseskan program kepedulian sosial di tingkat Internasional serempak di 47 negara.

Untuk program tersebut, ActionCOACH Indonesia mampu meningkatkan sumbangan amal sebanyak 3,6 juta dolar Amerika dalam waktu enam bulan dari target 2,5 juta dolar.

"Program ini bagaimana menciptakan dunia yang edukasi bisnis tidak hanya pebisnis tapi yang non-profit bisa ikut serta seperti yayasan dan panti asuhan," kata CEO ActionCOACH Indonesia Herman Susanto pada acara syukuran program tersebut di Jakarta, Rabu.

Program Coaching for a Cause merupakan program kemanusiaan yang ditujukan kepada orang-orang tidak mampu, yayasan atau lembaga sosial guna meringankan beban dan memperbaiki pola pikir untuk meraih kehidupan yang lebih baik.

"Untuk ke depannya kita targetkan $ 10 juta dari donasi," ujarnya.

Kegiatan ActionCOACH yang berkaitan dengan Coaching for a Cause (CFAC) antara lain menjalankan tugas kemanusiaan yaitu mengedukasikan sebuah panti asuhan yang diselenggarakan oleh FKPA (Forum Komunikasi Panti Asuhan).

"ActionCOACH telah mengubah pola pikir saya dalam kehidupan seperti membuat rencana pemasaran beberapa tahun ke depan," kata Martin Mesanidi, seorang peserta kelas CFAC.

Tujuan setiap Coach yang berada di bawah ActionCOACH Indonesia melakukan CFAC salah satunya membantu meningkatkan kemampuan yayasan dan panti asuhan untuk mencari donasi kepada para donatur, menduplikasikan kesuksesan ActionCOACH Indonesia dan melatih beberapa panti asuhan selam 6 bulan terakhir.

"Seorang coach harus bisa mempengaruhi orang lain ke arah yang lebih baik, bila kita tidak menjadi penggerak dan ambil inisiatif, siapa yang akan mulai?", kata Chyntia, seorang pelatih bisnis yang memegang teritori wilayah Jakarta Selatan.

Strategi bisnis ActionCOACH tak hanya membantu para pemilik bisnis dalam meningkatkan profit tapi juga bisa diterapkan untuk organisasi komersil atau profit.

"ActionCOACH memberi pesan kepada semua organisasi bahwa mereka harus proaktif untuk mengambil tindakan, dan tidak menunggu bola. Begitu pula organisasi non profit harus mandiri dan bermental wirausaha," kata Chyntia.

Mendatang ActionCOACH akan membuka kelas baru khusus untuk program CFAC untuk grup coaching di Jakarta yang diikuti 20 panti asuhan.
(adm/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010