Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim Korea mencapai final Piala Uber untuk keenamkalinya setelah pada semifinal d Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, mereka mengalahkan tim lima kali juara Jepang 3-1.

Tunggal pertama Korea Bae Seung Hee membuka skor bagi timnya dengan mengalahkan Eriko Hirose 21-12, 21-16 pada pertemuan pertama mereka.

Pasangan Lee Hyo Jung/Kim Min Jung menambah angka bagi tim Korea yang terakhir kali mencapai final pada 2004, dengan menundukkan Satoko Suetsuna/Miyuki Maeda 21-19, 21-10.

Tunggal kedua Jepang Ai Goto mencoba mempertahankan peluang bagi timnya dengan merebut satu poin melalui kemenangan atas Bae Youn Joo 21-10, 22-20.

Namun ganda kedua Jepang gagal mengatasi pasangan Lee Kyung Won/Ha Jung Eun sekalipun sudah berjuang hingga lebih dari satu jam sebelum menyerah 14-21, 18-21, dan memastikan kemenangan Korea 3-1 sekaligus maju ke final.

Pada final mereka akan menghadapi pemenang pada semifinal lainnya, antara Indonesia dan juara bertahan China.

"Sebelum memasuki pertandingan, kami mengharapkan poin dari dua ganda dan satu tunggal, tetapi tunggal pertama kami ternyata bisa mencuri angka sehingga perjalanan kami untuk menang sangat lancar," ujar manajer tim Korea Kim Jung Soo.

Saat ditanya kemungkinan bertemu China di final, Kim menolak berkomentar karena pertandingan antara China dengan Indonesia belum berlangsung.

Meski demikian, ia mengatakan jika tunggal pertama mereka bermain bagus maka mereka berpeluang untuk meraih kemenangan.

Sedangkan dengan Indonesia, tim Korea akan lebih percaya diri setelah berhasil mengalahkan mereka 3-2 di final kualifikasi Piala Uber di Thailand Februari lalu.

Sementara itu, pelatih kepala tim Jepang Park Joo Bong mengatakan, timnya ada peluang untuk menang seandainya para pemain asuhannya lebih bekerja keras.

Semula, kata pelatih asal Korea itu, ia berharap timnya dapat meraih angka dari tunggal dan ganda pertama. "Tetapi tunggal pertama kami baru pulih dari cedera sehingga tidak bermain seratus persen di turnamen ini," katanya.

Final Piala Uber 2010 adalah final keenam bagi Korea setelah 1988, 1990, 2002, dan 2004, namun mereka belum pernah sekali pun memenangi trofi setelah pada kelimanya dikalahkan oleh China.(F005/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010