Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim Indonesia tetap akan mewaspadai tim Jepang yang menjadi lawan pada babak semifinal Piala Thomas, Jumat (14/5), setelah tim tersebut secara mengejutkan mengalahkan tuan rumah Malaysia pada babak penyisihan grup.

Tim Thomas Indonesia maju ke semifinal dengan mengalahkan India 3-0, sedangkan Jepang melangkah ke babak empat besar setelah menyisihkan Jerman 3-1.

Sebelumnya, tim Jepang mengalahkan tuan rumah malaysia --salah satu tim yang sejak semula diprediksi berpeluang merebut gelar-- pada perebutan juara Grup B dengan skor kemenangan ketat 3-2.

"Menghadapi Jepang kami optimistis bisa unggul karena pada kualifikasi di Thailand lalu kita menang atas Jepang dengan pemain-pemain yang kurang lebih sama," ujar manajer tim Thomas Indonesia, Yacob Rusdianto.

"Tetapi tetap tidak boleh lengah karena mereka berhasil mengalahkan tim Malaysia," tambah Yacob.

Kemenangan Shoji Sato atas Mohd Hafiz Hashim pada partai penentu keberhasilan Jepang, menurut Yacob, disebabkan karena pemain Malaysia itu terlalu terbawa permainan lawannya sehingga kalah. Oleh sebab itu ia mengingatkan agar pemain Indonesia tidak terbawa permainan lawan.

Pada kualifikasi Piala Thomas di Thailand akhir Februari lalu, tim Indonesia mengalahkan Jepang 3-0 pada semifinal, saat itu, angka bagi tim Merah Putih disumbangkan oleh Taufik Hidayat yang mengalahkan Kenichi Tago 21-16, 21-23, 21-18.

Diikuti kemenangan ganda pertama Markis Kido yang berpasangan dengan Alvent Yulianto karena pasangannya Hendra Setiawan tidak berangkat karena sakit, mengalahkan pasangan Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata 21-17, 21-19.

Angka terakhir diperoleh Sony Dwi Kuncoro yang mengungguli Sho Sasaki 21-18, 21-11.

Pada semifinal, Jumat (14/5) yang akan dimulai pukul 14.30 waktu setempat, tim Indonesia kemungkinan akan menghadapi pemain Jepang yang sama yang berhasil mengalahkan tuan rumah Malaysia, karena tampaknya itu adalah susunan terkuat tim Jepang.

Sedangkan bagi tim Indonesia, cedera yang dialami Sony Dwi Kuncoro membuat pemain tunggal kedua itu diragukan dapat tampil membela Merah Putih.

"Saya kira Hayom (Dionysius Hayom Rumbaka) cukup bagus untuk menghadapi Shoji Sato (tunggal ketiga Jepang) karena dia tidak punya pukulan yang istimewa dan sudah jarang tampil," ujar Yacob.

Sedangkan pada ganda, kekuatan yang merata pada ketiga pasangan yang disiapkan akan membuat tim Indonesia lebih leluasa dalam menentukan pemain.

Semifinal lainnya mempertemukan tuan rumah Malaysia dengan juara bertahan China. Malaysia lolos ke babak empat besar setelah menyisihkan tim Denmark dengan kemenangan tipis 3-2, sedangkan China langsung meraih kemenangan 3-0 atas Korea pada perempat final, Rabu.

Berikut ini prakiraan susunan tim Indonesia melawan Jepang pada semifinal Piala Thomas, Jumat:
Tunggal pertama: Taufik Hidayat v Kenichi Tago
Ganda pertama: Markis Kido/Hendra Setiawan v Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata
Tunggal kedua: Simon Santoso v Sho Sasaki
Ganda kedua: Alvent Yulianto/Nova Widianto v Kenichi Hayakawa/Kenta Kazuno
Tunggal ketiga: Dionysius Hayom Rumbaka v Shoji Sato. (F005/A038)




Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010