Seoul (ANTARA News/AFP) - Utusan khusus AS untuk pelucutan senjata nuklir Korea Utara tiba di Seoul, Rabu, untuk pembicaraan dengan timpalannya dari Korea Selatan, setelah Pyongyang mengatakan Korut akan bekerja untuk menghidupkan kembali pembicaraan enam negara yang macet.

Utusan AS Sung Kim akan bertemu dengan Wi Sung-Lac, Rabu malam, kata seorang jurubicara kementerian luar negeri, tanpa memerinci.

Kim telah menyertai Pembantu Menlu AS Kurt Campbell ke Cina pekan ini, tampaknya untuk minta penjelasan mengenai kunjungan pekan lalu ke Cina oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il.

Pemimpin Korea Utara itu telah menyampaikan keinginan untuk bekerja ke arah dimulainya lagi pembicaraan pelucutan senjata nuklir enam negara, tapi tidak membuat komitmen tegas untuk kembali ke pembicaraan itu.

Utara meninggalkan pembicaraan itu April tahun lalu dan melakukan uji coba senjata atom keduanya satu bulan kemudian.

Beberapa pejabat Korea Selatan dan AS mengatakan pembicaraan nuklir itu tidak dapat dimulai kembali hingga penyelidikan terhadap tenggelamnya sebuah kapal perang Korea Selatan pada 26 Maret lalu selesai.

Kecurigaan bertambah bahwa sebuah torpedo Korea Utara telah menenggelamkan kapal itu dengan 46 orang tewas. Para penyelidik diperkirakan akan melaporkan hasil penemuan mereka pekan depan.

Wakil Menlu Korea Selatan Lee Tong-Joon dan Wakil Menteri Pertahanan Chang Kwang-Il akan berangkat ke Washington, Kamis, untuk pembicaraan mengenai situasi di Semenanjung Korea dan masalah nuklir, menurut kementerian luar negeri. (S008/K004) 

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010