Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim putri Indonesia berhasil mengalahkan tuan rumah Malaysia 3-0 untuk meraih tempat di semifinal Piala Uber. Tunggal kedua Indonesia, Maria Kristin memastikan kemenangan tim Merah Putih.

Maria Kristin menundukkan pemain Malaysia Tee Jing Yee 21-19, 21-16 di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu.

Sebelumnya, Ganda putri Greysia Polii/Meiliana Jauhari berjuang mengatasi ketegangan untuk membawa Indonesia memimpin Malaysia 2-0, dengan mengalahkan pasangan Malaysia peringkat empat Wong Pei Tty/Chin Eei Hui dengan skor ketat 26-24, 21-18.

"Sebenarnya pertandingan tadi lebih pada masalah mental, siapa yang lebih siap dia yang akan menang, karena sebelumnya kami sudah sering ketemu dan pernah menang maupun kalah. Tetapi dalam pertemuan terakhir kami mengalahkan mereka di All England," ujar Greysia Polii usai pertandingan.

Meski demikian, Greysia mengaku tetap merasa tegang menghadapi pertandingan tersebut.

Indonesia merebut poin pertama atas tuan rumah setelah Adriyanti Firdasari mengalahkan pemain tunggal andalan Malaysia Wong Mew Choo 21-9, 21-16.

Firdasari mengendalikan permainan pada game pertama saat Mew Choo yang saat ini menempati peringkat 22 dunia banyak melakukan kesalahan sendiri.

"Saya berusaha bermain lepas saja karena belakangan ini saya lebih sering kalah meskipun pernah menang," kata Firdasari yang dikalahkan Mew Choo pada SEA Games Laos lalu.

Pada game pertama, katanya, ia lebih banyak mengendalikan permainan karena lawannya belum dapat membaca pola permainannya.

"Tetapi pada game kedua saya mulai agak keteteran karena dia mulai mengendalikan permainan. Saya hanya berusaha untuk tidak tertinggal jauh," tambah Firdasari yang mengalahkan Mew Choo di SEA Games 2005.

Sementara itu, Wong Mew Choo mengaku tekanan yang dihadapinya membuat permainannya tidak keluar.

"Saya rasa hari ini saya ada sedikit tekanan sehingga permainan saya tidak berjalan," katanya seraya meminta maaf atas penampilannya yang buruk.

Mew Choo juga memuji permainan Firdasari yang lebih banyak menekan sehingga ia tidak mampu mengatasinya. "Sebenarnya saya sudah siap main hari ini, tetapi karena saya ingin tampil bagus, saya malah sedikit tertekan," tambah Mew Choo.

Febe absen

Kemenangan tersebut membawa Indonesia maju ke semifinal untuk bertemu pemenang perempat final antara juara bertahan China dengan India yang akan bertanding Rabu petang.

"Kemungkinan kita akan bertemu China di semifinal. Menghadapi mereka, kita harus menerima kenyataan bahwa tim China sangat kuat. Tetapi bukan berarti kita kalah sebelum bertanding, kami akan memberi perlawanan habis-habisan," kata manajer tim Uber Indonesia, Djendjen Djaenanasri.

Soal absennya tunggal pertama Indonesia, Maria Febe Kusumastuti, Djendjen mengatakan, berdasarkan pertimbangan tim yang mengharapkan dapat meraih poin pertama, peluang Firdasari lebih besar.

"Secara peringkat mungkin Febe lebih baik, tetapi tim memutuskan tidak menurunkan dia karena Firdasari mempunyai pengalaman dan kematangan yang dibutuhkan untuk merebut poin pertama," jelasnya.

Berikut ini hasil lengkap pertandingan perempatfinal Piala Uber antara Indonesia melawan Malaysia:

Indonesia v Malaysia

Tunggal pertama: Adriyanti Firdasari v Wong Mew Choo 21-9 21-16

Ganda pertama: Greysia Polii/Meiliana Jauhari v Wong Pei Tty/Chin Eei Hui 26-24, 21-18

Tunggal kedua: Maria Kristin Yulianti v Tee Jing Yee 21-19, 21-16

Ganda kedua: Shendy Puspa Irawati/Liliyana Natsir v Woon Khe Wei/Ng Hui Lin (tidak dimainkan)

Tunggal ketiga: Linda Weni Fanetri v Sonia Cheah (tidak dimainkan).
(F005/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010