Jakarta (ANTARA) - Denso, salah satu pemasok suku cadang otomotif terbesar dunia, mempeluas penarikan kembali (recall) produk pompa bahan bakar sehingga diperkirakan total 3,53 juta kendaraan terdampak masalah ini.

Sekitar sebulan lalu, Denso mengumumkan penarikan pompa bahan bakar bertekanan rendah yang digunakan di lebih dari 2 juta kendaraan, dan sekarang mereka menambahkan lebih 1,5 juta lagi ke dalam daftar, sehingga total 3,53 juta kendaraan terdampak.

Denso adalah afiliasi dari Toyota, jadi tentu saja Toyota ada di daftar. Tetapi, suku cadang tersebut juga telah digunakan di Honda, Ford, Subarus, dan Mitsubishi yang dijual di Amerika Serikat, demikian mengutip laporan Yahoo Finance, Kamis.

Tidak ada detail yang dirilis tentang model kendaraan yang terdampak (sepertinya pemasok mungkin tidak tahu apa yang digunakan pembuat mobil tertentu). Namun, model kendaraan yang terpengaruh adalah yang diproduksi tahun 2013-2020.

Denso mengatakan kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) bahwa impeler di beberapa pompa bahan bakar bertekanan rendah dapat berubah bentuk dalam kondisi tertentu, yang dapat membuat pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi."

Itu artinya, mesin kendaraan bisa mati karena suplai bahan bakar terhambat dan tentu saja berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca juga: Denso pangkas produksi global hingga 50 persen

Baca juga: Denso-BlackBerry bikin kokpit digital, Subaru pelanggan pertamanya

Baca juga: Toyota serahkan produksi massal komponen elektronik kepada Denso

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020