Jakarta (ANTARA) - Pertamina Lubricants, produsen pelumas anak usaha PT Pertamina (Persero) Tbk, mendirikan perpustakaan baca di desa binaan Kelurahan Sukorame, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, setelah sebelumnya perusahaan ini juga membantu pengembangan ekonomi dalam program Kampung Markisa.

“PT Pertamina Lubricants terus mendukung pembangunan Perpustakan Baca Baitul Hikmah ini, impian dan harapan warga Sukorame Gresik akhirnya terpenuhi. Gedung perpustakaan yang diidamkan selama bertahun-tahun kini diwujudkan bersama Pertamina Lubricants," kata Ketua RW1 Kelurahan Sukarame, Totok.

Baca juga: Pertamina Lubricants rilis aplikasi wirausaha siswa SMK

Pembuatan perpustakaan baca dan rumah produksi ini disambut positif oleh Camat Gresik, Purnomo. Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT Pertamina Lubricants yang telah mewujudkan impian dan keinginan warga Sukorame.

“Melalui Perpustakaan ini, saya berharap kepada masyarakat, agar nantinya lebih menggalakkan lagi minat baca, karena dengan membaca bisa membuka jendela dunia, tahu informasi dan menambah ilmu,” katanya dalam pernyataan pers bersama Pertamina Lubricants, Kamis.

Gedung perpustakaan ini tidak hanya sebagai ruang edukasi bagi warga, baik anak-anak atau orang dewasa, namun juga menjadi rumah produksi minuman jus markisa yang dikembangkan Kader Lingkungan RT1 RW1 Kelurahan Sukorame.

Sejak tahun 2016, PT Pertamina Lubricants telah mendukung pengembangan, pengelolaan, dan pemasaran Kampung Markisa melalui pemberian alat pengelolaan yakni untuk SDN 1 Sidokumpul dan di Kelurahan Sukorame di tahun 2019. Minuman Jus Markisah ini dijual ke masyarakat melalui Koperasi Kader dengan rata-rata penjualan 400 botol per bulan.

Manager Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants, Dody Arief Aditya, menyampaikan pembangunan rumah produksi dapat memberikan peningkatan ekonomi bagi masyarakat, berkontribusi terhadap kemajuan UMKM, terlebih di masa pandemi COVID-19 ini.

“Perpustakaan adalah gudangnya ilmu, maka ilmu tersebut akan turun-temurun kepada generasi berikutnya. Kami berterima kasih atas segala sambutannya, semoga kerja sama dapat terus berlanjut,” tambah Dody.

Baca juga: Kemensos gandeng Pertamina Lubricants beri pelatihan penerima manfaat

Baca juga: Pertamina Lubricants buka bengkel Enduro Express untuk SMK

Baca juga: PT Pertamina Lubricants beri pelatihan kepada kaum difabel di Semarang

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020