Padang (ANTARA News) - Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla, dijadwalkan menghadiri Festival 1001 Belanga Gulai Itiak (itik), makanan khas Koto Gadang Kapupaten Agam, Sumatera Barat, 24 Januari mendatang.

Dalam rangkaian acara Rang Minang Baralek Gadang di Koto Gadang itu, Wapres akan ikut menikmati gulai itiak hijau, kata Kabiro Humas Setdaprov Sumbar, Suhermanto Raza, di Padang, Senin.

Menurut Suhermanto, berdasarkan jadwal tentatif , Wapres akan berada di Sumbar dari 23 sampai 25 Januari  dan mengikuti sejumlah agenda besar di antaranya peresmian yayasan pendidikan Sumbar, selain menghadiri acara Rang Minang Baralek Gadang.

Wapres dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumbar pada 23 Januari 2009 dan langsung menuju lokasi peristirahatan di PT. Semen Padang dan meresmikan yayasan pendidikan Pendidikan Sumbar pada malam harinya.

Selanjutnya tanggal 24 Januari 2009 Wapres dijadwalkan memberikan orasi ilmiah di Kampus Universitas Bung Hatta yang bertema membangun Sumbar dari ranah pendidikan, dan kunjungan kerja itu dilanjutkan ke Kota Padang Panjang menghadiri Ijtimak Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Berikutnya Wapres dijadwalkan menuju Koto Gadang, Kabupaten Agam, guna menghadiri Sumbar Baralek Gadang serta makan menu khas gulai itiak hijau yang disajikan oleh warga setempat.

Menu gulai itiak hijau ini sangat khas dan hanya ada di Sumbar, dan pada kesempatan itu juga dijadwalkan pemecahan rekor dengan menyajikan gulai itiak hijau sebanyak 1001 belanga.

Pada acara Rang Minang Baralek Gadang itu juga akan diluncurkan Sumbar Nagarei Cyber kerjasama Pemda Sumbar dengan PT Telkom yang memfasilitasi internet masuk nagari.

Tanggal 25 Januari 2009, Wapres dijadwalkan menghadiri acara peringatan 100 tahun organisasi Islam Muhammadiyah di Bukitinggi dan siangnya langsung ke BIM Sumbar menuju Jakarta.

"Jadwal ini sifatnya masih tentatif dan kemungkinan masih akan berubah karena kita masih rapat besok," katanya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009