Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan mobil listrik murni (full electric) Lexus UX 300e di Indonesia dengan memboyong sejumlah fitur dan teknologi baru di dalamnya.

Menurut Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy, terdapat sejumlah perbedaan antara seri UX hybrid dengan UX 300e. Pertama, adalah tenaga penggeraknya yang secara penuh dihasilkan dari motor listrik.

Menggunakan baterai jenis Lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54.35 kWh yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300Nm.

"Jangkauan mengemudi Lexus UX 300e bisa mencapai 300km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik," kata Anton dalam jumpa pers virtual, Rabu.

Baca juga: Sedan Lexus IS generasi keempat rilis pekan depan

Baca juga: Lexus LC 500 Convertible Regatta Edition hadir untuk pasar Eropa

 
Lexus UX 300e. (ANTARA/Lexus)


Lebih lanjut, Lexus UX 300e dilengkapi dengan AC Wall Charger yang dapat dipasang dimana pun sesuai keinginan, dan sebuah Household Socket Charging Cable yang dapat digunakan di stop kontak dinding standar.

Selain mengisi daya di rumah, Lexus UX 300e juga bisa mengisi daya baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PT PLN.

"Lokasi pengisian daya baterai bisa dilihat di aplikasi CHARGE.IN yang dekat area-area tertentu seperti di mal, parkiran, kantor-kantor PLN, kantor pemerintah, dan lainnya," ujar Anton.

Durasi pengisian akan tergantung pada suhu baterai, riwayat penggunaan, pengisi daya, dan voltase listrik. "Pengisian menggunakan AC Wall Charger yang disediakan oleh Lexus hanya membutuhkan kurang lebih lima sampai enam jam," kata Anton.

"Apabila pengisian lebih cepat perlu dilakukan, mengisi daya baterai di SPKLU membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit menggunakan DC Fast Charging," imbuhnya.
 
Lexus UX 300e. (ANTARA/Lexus)


Fitur lainnya adalah Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display yang dapat menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai.

Adapun integrasi audio switch Lexus UX 300e yang berada pada arm rest menciptakan efisiensi dalam mengontrol sistem multimedia yang telah dilengkapi dengan 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System dan 10.3” Center Display.

Lexus UX 300e sudah dilengkapi dengan Lexus Safety System+, yaitu teknologi active safety yang dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi dan dampak kecelakaan.
Lexus UX 300e. (ANTARA/Lexus)


Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Lexus Indonesia menyediakan 8-Year Complete Warranty tanpa batas kilometer termasuk baterai. Selain itu, Lexus UX 300e juga akan mendapatkan 5 Years Free Service & Parts tanpa batas kilometer.

Lexus UX 300e dibanderol dengan harga Rp1,245 miliar on the road DKI Jakarta.

Baca juga: Mobil listrik baterai Lexus UX 300e resmi dijual seharga Rp1,2 miliar

Baca juga: Lexus UX 300e akan siap beredar di pasar Eropa

Baca juga: Lexus IS anyar dirilis, lebih tangguh di segala permukaan jalan

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020