Jakarta (ANTARA News) - Pembukaan pameran foto di Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) yang bertajuk "The Kawah Ijen`s Warriors" dipenuhi pengunjung, Sabtu.

Lebih dari seratus orang, termasuk para penikmat foto, fotografer, seniman dan beberapa artis juga ikut hadir dalam pameran foto dalam rangka menyambut Hari Buruh Internasional.

Berdasarkan pengamatan ANTARA, artis yang tampak hadir adalah Oppie Andraresta dan Jay Subiakto. Oppie Andraresta juga mengisi pagelaran musik bergenre "Blues" untuk memeriahkan pembukaan pameran ini.

Sejumlah pemusik yang memeriahkan pembukaan pameran foto ini di antaranya Oppie Andaresta, Gugun and the Blues Shelter, Compromised Ego, The End, dan Mercus Reggae Band.

Pameran foto yang dibuka oleh pengusaha nasional Arifin Panigoro mengungkap keseharian, etos kerja, perjuangan hidup, solidaritas, serta impian para kerja tambang Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pameran foto karya Tim Tanah Air (Andi Ari Setiadi, Barmen Simatupang, Budi Chandra, Mahatma Putra dan Panji Wijaya) ini menampilkan 87 karya foto pilihan yang mempresentasikan para "pejuang" yang menggantungkan harapan secara turun-temurun pada Kawah Ijen tersebut.

Pameran foto ini mengambil contoh kehidupan para pekerja tambang Kawah Ijen sebagai perwakilan dari simbol para buruh dimanapun berada.

Arifin Panigoro dalam sambutannya, mengatakan bahwa dalam rangka peringatan hari buruh internasional ini untuk mengingatkan semua pihak terhadap perbaikan kesejahteraan para buruh di Tanah Air.

Pembukaan pameran foto ini juga dihadiri Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf dan Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA, M. Saiful Hadi.

Pameran foto yang dibuka secara umum ini akan berlangsung hingga 17 Mei 2010 mendatang. Untuk melengkapi acara ini juga diselenggarakan "Gallery Talk" pada 8 Mei 2010 pukul 15.00 WIB dengan mengangkat tema tentang pekerja Kawah Ijen berikut proses dan konsep pembuatannya.

Dalam acara "Gallery Talk" ini hadir sebagai pembicara adalah Direktur Eksekutif Yayasan Jurnal Perempuan Mariana Amiruddin dan Director of Photography Yudi Datau.
(T.J008/Z002/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010