Pekanbaru (ANTARA News) - Tim PSPS Pekanbaru menggeser Persib Bandung di peringkat empat klasemen sementara Indonesia Super League 2009/2010 setelah menghajar Persiba Balikpapan dengan skor 2-1 di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru, Sabtu.

Askar Bertuah, julukan bagi PSPS unggul satu poin dari Persib dengan nilai 44 poin dari 29 kali laga yang telah dilakoni atau terpaut sebanyak 16 poin dari posisi puncak klasemen yang diduduki Arema Malang dengan 60 poin.

Sedangkan tim Persib, Persija dan Persiwa masing-masing mengemas 43 poin dari 29 kali pertandingan dengan urutan peringkat klasemen sementara di posisi lima, enam, tujuh dan produktifitas gol mempengaruhi posisi ketiga klub itu.

Tim besutan Bang Haji, sapaan akrab pelatih Abdurrahman Gurning itu memastikan duduk di posisi empat besar setelah Arema, Persipura dan Persiba, setelah meraih poin penuh ketika menjamu Beruang Madu, julukan bagi Persiba.

Gol tuan rumah diciptakan striker Herman Dzumafo di menit terakhir babak pertama lewat titik putih setelah gelandang serang PSPS, Putut Waringin Jati dijatuhkan di area terlarang setiap pengadil lapangan hijau memberi hadiah penalti.

Gol kedua bagi PSPS tercipta akibat gol bunuh diri yang dilakukan pemain Persiba Mijo Dadic pada menit 48 awal babak kedua setelah gagal mengantisipasi tendangan pemain tuan rumah Cyril Tchana, sedangkan gol balasan Persiba dicetak Sultan Sama di menit ke-58.

Sejak wasit meniup peluit pertanda dimulainya babak pertama, anak-anak Askar Bertuah terus melakukan tekanan sehingga mendominasi jalannya pertandingan dan sempat membombardir gawang Persiba yang dikawal I Made Wirawan.

Peluang yang tercipta di menit ke-15 melalui tembakan Dzumafo dan April Hadi, kemudian menit ke-32 melalui tendangan keras Edi Sibung serta ancaman yang ditebar Isnaini menit ke-35 masih menemui kebuntuan karena mampu ditepis Made, sebelum kemudian wasit memberikan hadiah penalti.

Memasuki babak kedua, permainan tuan rumah PSPS juga tampil dominan dengan terus meningkatkan serangan ke daerah pertahanan lawan sehingga di menit ke-48 PSPS pemain bawah Persiba, Mijo Dadic gagal mengantisipasi tendangan Cyril sehingga bola mengalir masuk ke gawang Made.

Karena keasyikan menyerang, para pemain PSPS lupa terhadap pertahanan sehingga lewat serangan balik tim tamu berhasil menciptakan gol cepat menit ke-58 melalui Sultan Sama setelah berhasil mengecoh kiper PSPS, Dede Sulaiman yang mengubah skor menjadi 2-1 dan bertahan hingga babak kedua berakhir.(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010