Samarinda (ANTARA News) - Gol Ronal Fagundes di menit ke-10 mengawali kemenangan Persisam Putra Samarinda atas Persela Lamongan di laga Indonesia Super Liga di Stadion Segiri Samarinda, Rabu.

Gol Fagundes kemudian dilengkapi dengan gol Irsyad Aras di menit ke-86 dan membuat tuan rumah menang 2-0 atas tamunya.

Di hadapan 10 ribu penonton, tim tuan rumah tampil kurang begitu greget, atau tidak seperti penampilannya pada pertandingan sebelumnya.

Pada menit ke-10, Wasit Aeng Suherlan menghadiahi penalti untuk tuan rumah karena Danilo Fernando dijatukan oleh Tomo Aki Komura di kotak terlarang.

Fagundes yang bertindak sebagai algojo mampu menyelesaikan tugasnya dengan sempurna. Dengan tendangan kaki kirinya, Fagundes bisa menjebol gawang Persela yang dijaga Fauzal Mubaraq.

Kedudukan 1-0 untuk tuan rumah ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tuan rumah yang berusaha menggandakan keunggulanya mengalami kesulitan menembus benteng pertahanan Persela yang menerapkan pola bertahan.

Namun, mendekati menit akhir, tuan rumah mampu menembus barisan belakang Persela. Dengan memanfaatkan umpan Ronal Fagundes, Irsyad Aras bisa memperbesar keunggulan tuan rumah menjadi 2-0.

Kedudukan 2-0 untuk tuan rumah ini bertahan hingga usainya pertandingan.

Joko Susilo, pelatih Persela, mengakui materi pemainya memang kalah dengan kualitas pemain tuan rumah.

"Karena itulah saya sengaja menerapkan strategi bertahan untuk meredam aksi pemain tuan rumah yang puya skill bagus," kata Joko Susilo.

Sementara itu, Hedri Susilo, pelatih Persisam, mengatakan permaianan anak asuhannya tidak seperti biasa meski meraih hasil sempurna.

"Dan, ini yang kami takutkan kemarin, antiklimaks pemain benar-benar terjadi. Untung saja kami bisa mengakhiri pertandingan dengan kemenangan," kata Hendri.

Susunan pemain:

Persisam Putra
Wawan Hendrawa(g), Tsimi Jaquest Joel, M. Robby, Sonny Kurniawan, Syaipul Lewanusa, Akbar Rasyid, Achmad Sembiring/Abdi Gusti (pergantian ini terjadi pada menit ke-74), Ronald Fagundes, Danilo Fernando, Choi Dong Soo/Irsyad Aras (menit ke-25), dan Pipat Thonkanya/Zaenal Arif (menit ke-87).

Persela
Fauzal Mubaraq(g),Fabiano Beltrame, Fadli Hariri, Khomat Suharto, Taufiq Kasrun, Tomy Rifka, Tomo Aki Komorida, I Gede Sukadana, Jimy Suparno/Kurniawan (menit ke-71), Samsul Arif, dan Dicky Firasat/Zaenal Arifin (menit ke-54).

Kartu kuning:Tomo Aki Komorida pada menit ke-2, Tomy Rifka (menit ke-22), Ronal Fagundes (menit ke-23), Sonny Kurniwan (menit ke-59), dan Fabiano Beltrame (menit ke-73).

(T.KR-RMT/D007/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010