Banjarnegara (ANTARA News) - Tim nasional Indonesia putra dan putri Indonesia berhasil memenangi nomor slalom competition dalam Kejuaraan Internasional Arung Jeram Australasian Rafting Champs 2010 yang digelar di Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu.

Dalam nomor slalom competition putra, Tim Indonesia I (Arus Liar) berhasil meraih juara I dengan catatan waktu tiga menit 23,12 detik.

Sementara juara II ditempati Tim Indonesia II (Riam Jeram) dengan catatan waktu tiga 29,32 detik dan juara III diraih Tim Kazakhstan dengan catatan waktu empat menit 9,07 detik.

Kendati demikian, berdasarkan hasil slalom competition, posisi peringkat pertama seharusnya ditempati Tim Slovakia dengan catatan waktu tiga menit 19,22 detik.

Namun karena Slovakia bukan anggota Australasian Rafting Federation, negara ini tidak berhak menyandang predikat sebagai juara I dalam lomba yang merupakan kompetisi adu ketangkasan melewati 12 gawang dari hulu ke hilir (downstream) dan sebaliknya (upstream).

Keikutsertaan Slovakia dalam kejuaraan ini hanya sebagai tim peninjau.

Dengan demikian, predikat juara I yang seharusnya disandang Tim Slovakia, selanjutnya diserahkan kepada Tim Indonesia I yang berada pada posisi kedua.

Meskipun tidak meraih penghargaan, dalam upacara penganugerahan medali, sempat diisi penyerahan medali emas secara simbolis dari Tim Indonesia I kepada Tim Slovakia.

Dalam slalom competition putri, Tim Indonesia I (Kapinis) berhasil meraih waktu tercepat, yakni lima menit 12,98 detik sehingga berhak menempati juara I.

Posisi juara II ditempati Tim Iran dengan catatan waktu delapan menit 32,07 detik, sedangkan Tim Indonesia II (Gadisu) meraih juara III dengan catatan waktu sembilan menit 29,45 detik.

Slalom competition merupakan nomor terakhir dalam rangkaian Kejuaraan Internasional Arung Jeram Australasian Rafting Champs 2010 di Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara.

Kejuaraan internasional ini akan dilanjutkan di Sungai Progo, Kabupaten Magelang, 26-27 April, untuk nomor down river race, yakni lomba jarak jauh untuk menguji ketangkasan, ketangguhan, dan nyali karena pengarungan akan melewati jeram-jeram dengan tingkat kesulitan IV (advance).(ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010