Jakarta (ANTARA News) - Target Corp akan mulai memasarkan produk Amazon.com, Kindle e-reader, bulan ini, pertama kali Amazon mendistribusikan produk populernya di website lain.

Dominasi perangkat e-reader Amazon tengah menghadapi saingan baru, iPad, dari Apple dan Nook buatan Barner & Noble Inc. Kedua perangkat tersebut sudah dijual di Best Buy Co Inc selain di jaringan toko-toko mereka.

Keberadaan Kindle di Target--salah satu jaringan pengecer terbesar di AS--, menggarisbawahi bagaimana Amazon ingin meningkatkan distribusi dan menjaga dominasinya dalam pasar perangkat baca elektronik yang sedang berkembang.

Kindle berharga 259 dolar akan dijual dengan harga sama antara di website Amazon maupun Target. Perangkat itu akan memulai debut di toko utama di pusat Kota Minneapolis dan 102 toko di Florida Selatan mulai 25 April dan akan tersebar di lebih banyak tempat lagi akhir tahun ini.

Pengamat industri berspekulasi dalam beberapa bulan iPad akan mengambil pangsa pasar Kindle, tetapi analis mengatakan Kindle tetap menjadi pilihan bagi orang-orang yang "keranjingan" membaca karena teknologi e-Ink-nya--yang oleh sebagian orang dianggap lebih nyaman bagi mata--dan lebih banyak buku-buku pilihan.

Saham Amazon dan Target stabil setelah pasar ditutup.

(Adm/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010