Jakarta (ANTARA) - Rifat Sungkar, pereli sekaligus founder Xpander Rally Team (XRT), merasa puas dengan performa mobil Mitsubishi Xpander AP4 yang menjadi juara umum Meikarta Sprint Rally 2020, Cikarang, Jawa Barat pada 31 Oktober – 1 November 2020.

"Sangat-sangat senang dengan hasil yang kami peroleh. Ini event yang kami tunggu-tunggu setelah sempat tertunda sejak awal tahun ini. Dan hasilnya sangat memuaskan. Kami sudah bekerja keras menyiapkan mobil Xpander AP4 dan semua itu terbayar lunas,” kata Rifat dalam siaran pers, Senin (2/11).

XRT meraih posisi yang tercepat dari 73 starter setelah mencatat waktu total 12 menit 23,7 detik. Jarak dengan peringkat kedua mencapai hampir 7 detik. Mitsubishi Xpander AP4 yang menjadi andalan XRT juga mendominasi 5 special stage (SS) yang digelar selama dua hari itu.

Baca juga: Mitsubishi berniat hentikan produksi kendaraan listrik i-MiEV

Baca juga: Mitsubishi nilai pajak mobil 0% bisa bantu pasar otomotif


Menurut Rifat, yang ditemani navigator M Redwan, Xpander AP4 mampu mengatasi lintasan tanpa kendala, kendati hujan lebat yang mengguyur Kawasan Meikarta Central Park pada hari kedua sempat membuat laju mobil tertahan. Namun, secara keseluruhan catatan waktu pereli XRT yang turun di kelas M1 itu tidak dapat dikejar pereli lainnya.

“Mobil-mobil di kelas M1 atau penggerak roda empat, start setelah mobil-mobil berpenggerak roda dua. Sayangnya, di satu SS terakhir hujan lebat turun sesaat sebelum kelas M1 dilepas. Akibatnya bagian trek tanah menjadi sangat licin. Agak sulit untuk meraih waktu yang bagus seperti sebelum hujan lebat turun,” tutur Rifat.

Di akhir event, Rifat Sungkar juga sempat melakukan tandem battle di lintasan drifting bersama drifter Akbar Rais dengan menunggangi Mitsubishi Xpander AP4.

"Kami sangat senang dengan hasil yang diperoleh di Meikarta Sprint Rally ini. Mobil tampil prima, tim bekerja dengan kompak, demikian juga dengan kedua pereli kami,” ucap Julian Johan, Manajer XRT.

“Gelar juara umum ini sekaligus menjadi bukti kehebatan Mitsubishi Xpander AP4 yang kami kembangkan sejak tahun lalu,” tambah Julian Johan.

Rifat Sungkar yang juga pengurus PP IMI untuk Komisi Rally dan Sprint Rally juga merasa puas atas terlaksananya ajang motorsport di Meikarta yang melombakan tiga cabang yaitu Sprint Rally, Drifting dan Slalom atau gymkhana.

"Saya apresiasi kepada semua pihak yang membuat event ini terlaksana, termasuk para peserta yang mencapai lebih dari 270 starter. Saya juga sangat mengapresiasi kerjasama Pak Fredi dari Pangarang Racing Team dan Meikarta sebagai pengembang kawasan. Semoga kerjasama itu dapat terus berlanjut,” kata Rifat.

Baca juga: Mitsubishi dukung pemerintah soal usulan pajak 0 persen mobil baru

Baca juga: Mitsubishi luncurkan dua Xpander "Black Edition" dengan unit terbatas

Baca juga: MMKSI rilis aksesori kamera "dashboard" Blackvue Cloud SPA98001
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020