Jakarta (ANTARA News) - Menegpora Andi Malarangeng tetap optimistis dirinya bakal terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada kongres Mei mendatang meski hasil survei LP3ES ternyata Andi hanya mengantongi dukungan DPD dan DPC PD sebesar 2,3 persen.

"Itu bukan bad news. Surveinya kan dibuat sebelum Andi deklarasi dan orang belum tahu Andi maju sebagai calon Ketum DPP PD. Coba survey sekarang, pasti beda hasilnya," kata Ramadhan Pohan, sekretaris tim sukses Andi di Jakarta, Rabu.

Menurut Pohan, merujuk periode survey yang berlangsung pada 1 - 20 Maret 2010, maka banyak dinamika internal terkini pasca deklarasi Andi sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada 28 Maret lalu yang tidak tercakup oleh LP3ES, seperti dukungan dari dua calon ketum DPP PD, Agus Hermanto dan Dudi Gumbiro.

"Dua calon ketum itu sekarang bergabung mendukung AM, nah ini belum masuk survey kan?" kata anggota DPR RI dari Partai Demokrat itu.

Selain itu, menurut Ramadhan banyak hal yang belum tercakup dari survei LP3ES seperti terus mengalirnya dukungan dari DPD dan DPC kepada Andi, seperti pada Selasa (6/4) kemarin ada dukungan dari 115 DPC untuk Andi.

"Fakta penting dalam konteks ini adalah Andi paling aktif mendatangi dan berdialog dengan seluruh ketua DPR di sejumlah provinsi seperti Jatim, Jabar, Jateng, Yogyakarta dan Lampung. Ini juga belum masuk di survey kan," katanya.

Ramadhan juga mengatakan ada 25 provinsi atau ratusan ketua DPC yang akan ditemui Andi pada April ini, sehingga jika survei dilakukan pada hari ini, jelas Andi akan memimpin.

"Ingat masih ada waktu satu bulan lagi sebelum Kongres 20 Mei. Makanya kami optimis Andi akan menang satu putaran," kata Ramadhan.

Dalam survey itu, Anas Urbaningrum dinilai punya legitimasi demokrasi lebih besar dibanding para kandidat Ketum DPP PD 2010-2015 lainnya. Hasil survei LP3ES menunjukkan Anas didukung 46,2 persen DPD dan DPC. (D012/K004)

Pewarta: Ardianus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010