Amman (ANTARA News/Reuters) - Juara dunia yang memacu Citroen, Sebastien Loeb, memimpin Reli Jordania setelah pada Leg 2 Jumat waktu setempat unggul 24,6 detik atas saingannya Mikko Hirvonen --yang mengalami masalah.

Hirvonen, yang memacu Ford, menabrak tebing dan berhenti pada Leg 2 karena mengalami kerusakan suspensi, sehingga pereli Prancis Loeb membuka peluang memperpanjang untuk memimpin klasemen pada akhir lomba Minggu.

Loeb memiliki 43 poin setelah mengikuti dua perlombaan musim ini, sedangkan Hirvonen di urutan kedua dengan 37 poin dan Jari-Matti Latvala di tangga ketiga dengan 25 poin.

Tim Ford Abu Dhabi unggul enam poin dari tim Citroen Total dalam klasemen pabrik.

Loeb memenangi delapan SS dan juga tampil tercepat sehingga naik ke urutan kedua dengan pautan waktu 4,7 detik dari Latvala hingga istirahat di area servis, tetapi ia menyodok pada petang harinya.

"Ini merupakan hari baik bagi saya," kata Loeb, yang mengatakan akan bermain aman pada delapan SS terakhir Minggu di tepi Laut Mati.

"Pada lintasan panjang saya selalu mendapat waktu yang bagus. Hal itu akan saya lakukan lagi. Mungkin baik bagi saya bila berada terus di belakang Latvala, tapi saya tidak tahu apa yang akan terjadi," kata Loeb.

"Tapi kami sekarang memimpin dan saya akan menekan lawan saya besok, tapi saya sekali lagi tidak tahu apakah mudah melakukan itu," kata Loeb.

Latvala tetap tinggi rasa percaya dirinya. "Ini merupakan hal bagus bagi saya, karena posisi di depan akan membuka jalan."

"Saya kira taktik merupakan hal yang memegang peranan dalam perlombaan besok dan kita akan lihat saja apa yang akan terjadi," katanya.

Mantan juara dunia F1 Kimi Raikkonen, juga memacu Citroen, mengalami masalah pada lintasan terakhir, tetapi berada pada urutan kedelapan keseluruhan (overall).

(Uu.SYS/A008/C003/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010