Chicago (ANTARA News) - General Motors pada hari  Kamis mengatakan secara keseluruhan penjualan perusahaan di AS pada Maret naik 20,6 persen dari tahun lalu di tengah kenaikan keenam bulan berturut-turut pada empat merek inti perusahaan otomotif itu.

"Hasil kami pada Maret menunjukkan kemajuan ke arah rencana pertumbuhan kami," kata Susan Docherty, GM Vice President untuk pemasaran.

"Dengan melakukan investasi dalam merek-merek kami dan tetap disiplin dalam pendekatan kami untuk pasar AS, kami mencatat hasil yang solid."

Penjualan GM termasuk merek-merek itu dalam proses berliku turun naik menjadi 188.546 dari 156.380 pada Maret 2009. Jumlah penjualan untuk kuartal pertama naik 15,6 persen pada 477.322.

Penjualan GM pada sisa merek inti - Chevrolet, Buick, GMC dan Cadillac - naik 43,3 persen menjadi 185.406 pada Maret dan naik 35,6 persen pada 469.353 untuk kuartal pertama.

"Kendaraan baru kami, seperti Chevrolet Equinox, Lacrosse Buick, GMC Terrain, dan Cadillac SRX, sedang diterima dengan baik oleh pelanggan karena alasan-alasan yang baik, termasuk kualitas, keamanan, ekonomi bahan bakar yang sangat baik, dan nilai jual kembali lebih tinggi," kata Docherty.

GM adalah "sangat didorong" oleh hasil dan telah berhasil membawa insentif pengeluaran di bawah rata-rata industri untuk pertama kalinya pada catatan, katanya.

Hal ini juga menaikkan harga transaksi rata-rata karena berfokus pada "Mendapatkan kepercayaan pelanggan daripada membeli bisnis mereka untuk keuntungan jangka pendek," tambah Docherty.

Pembuat mobil terbesar AS juga berencana untuk memperluas produksi dengan menambahkan sepertiga pergeseran di beberapa pabrik AS sebagai respons terhadap meningkatnya permintaan.

Docherty mengatakan ekonomi menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang luas, berita menggembirakan mengingat kemerosotan dalam dan berkepanjangan telah berurusan dengan industri.

Namun, dengan belanja pribadi masih datar, GM memproyeksikan bahwa secara keseluruhan penjualan industri akan mencapai hanya 11,5 hingga 12 juta kendaraan pada 2010.

Docherty mengatakan terlalu dini dalam sehari untuk memprediksi di mana penjualan industri akan datang pada bulan tersebut, tetapi diharapkan bahwa GM "harus melihat beberapa peningkatan pangsa" pada Maret.

"Kita punya rencana disiplin untuk fokus pada pelanggan, kami memperkuat membangun merek dan keuntungan penjualan dan pangsa pasar," kata Docherty dalam sebuah konferensi dengan para analis dan wartawan.

Sementara Docherty tidak akan membahas target internal pangsa pasar GM, dia mengatkan GM "tidak akan puas kecuali kita melihat pertumbuhan bulan ke bulan."

Para pembuat mobil, yang mengalami restrukturisasi yang didanai pemerintah di bawah kebangkrutan tahun lalu, berfokus pada "nomor yang satu misi" untuk "membayar kembali pembayar pajak Amerika secara penuh dengan bunga," tambahnya.(A026/M012)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010