Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) meluncurkan iB (ai-bi) Marketeers Club yang merupakan program bantuan teknis untuk peningkatan kompetensi pemasaran dan komunikasi bagi tenaga pemasar dan komunikasi di bank-bank syariah.

Menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat BI Difi A.Johansyah dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa, program itu merupakan salah satu upaya dukungan BI dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bank syariah.

Dijelaskannya, melalui iB Marketeers Club, sedikitnya 60 orang tenaga pemasar dan komunikasi dari 21 bank syariah akan berkesempatan meningkatkan kompetensinya melalui serangkaian program pelatihan, workshop, seminar, focus group discussion, serta peningkatan pengetahuan mengenai strategi pemasaran modern dalam bentuk teori dan praktik.

Selain itu SDM bank syariah yang tergabung dalam iB Marketeers Club juga akan dapat mengembangkan wawasannya melalui interaksi dengan para pelaku pemasaran dari berbagai sektor industri lain yang sudah tergabung dengan Marketeers Club selama ini.

Peningkatan SDM perbankan syariah, khususnya tenaga pemasar dan komunikasi diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai produk dan jasa perbankan syariah dalam bahasa yang mudah dipahami oleh seluruh golongan masyarakat Indonesia tanpa kecuali.

Langkah ini diperlukan dalam merespons peluang emas yang terbuka bagi perbankan syariah untuk menjadi suatu kecenderungan gaya hidup baru dalam menggunakan layanan jasa perbankan, kata Difi.

Perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia dalam dua tahun terakhir ini menunjukkan kemajuan yang menggembirakan. Pada Januari 2010 tercatat 1.346 kantor, meningkat hampir dua kali lipat dari posisi akhir 2007 yakni 782 kantor. Demikian pula penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang pada Januari 2010 tercatat Rp53,16 triliun, meningkat dari akhir 2007 sebesar Rp28,01 triliun.
(A023/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010