Jakarta (ANTARA News) - Calon ketua umum Partai Demokrat (PD) masa bakti 2010-2015 Andi Mallarangeng mengajak para pesaingnya untuk bekerja sama dan bersahabat terutama dalam membesarkan partai ini serta mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Kepada kader-kader kebanggaan kita seperti Marzuki Alie, Anas Urbaningrum dan Agus Hermanto, saya menawarkan persahabatan kita, kerja sama dan tekad yang bulat. Bersama kita bisa," kata Andi Mallarangeng di Jakarta, Minggu malam, pada acara deklarasi pencalonan dirinya sebagai ketua umum Partai Demokrat untuk lima tahun mendatang.

Partai yang didirikan Susilo Bambang Yudhoyono ini akan melakukan kongres pada pertengahan mendatang di Kota Bandung. Saat ini, Partai Demokrat dipimpin Ketua Umum Hadi Utomo yang merupakan ipar Yudhoyono.

Mantan Sekjen PD, Marzuki Alie, yang kini merupakan Ketua DPR, serta Anas Urbaningrum yang menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat serta juga masih menjadi Ketua Bidang Politik DPP Partai Demokrat disebut-sebut akan mencalonkan diri dalam kongres mendatang tersebut.

Andi Mallarangeng yang selama lima tahun menjadi staf khusus kepresidenan dan kini dipercaya Yudhoyono menjadi Menteri Pemuda dan Olah Raga optimis dirinya akan menjadi pemimpin partai ini dalam masa lima tahun mendatang karena salah satu target partai adalah melakukan regenerasi.

Acara deklarasi ini dihadiri pula anggota DPR Edhie Baskoro yang merupakan putra kedua Yudhoyono. Selain itu nampak pula hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan yang juga merupakan kader Partai Demokrat.

Dalam pidato politiknya, Andi menyampaikan berbagai janji untuk memajukan partai yang membesarkan dirinya serta mempertahankan Pancasila, UUD 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya akan merangkul semua kelompok, memberi tempat dan peluang kepada semua serta menjadikan politik di dalam partai kita sebagai jalan untuk membangun kebersamaan,"katanya. Ia juga menjanjikan bahwa perbedaan-perbedaan yang ada di dalam partai dan bangsa dan negara ini tidak akan dipertajam apalagi mengakibatkan perpecahan.

"Demokrat buat kita semua. Semua buat demokrat," kata Andi sambil memberikan perumpamaan.

Karena telah enam tahun bekerja sama dengan Yudhoyono, maka dalam acara ini Andi memuji SBY dan menyampaikan penghargaannya kepada SBY.

"Saya bersyukur karena mendapat kesempatan membantu Bapak SBY dari dekat selama kurang lebih enam tahun," katanya.

Dalam acara pendeklarasian ini, Edhi Baskoro tampil di depan mimbar untuk mewakili dukungan para anggota DPR Fraksi Demokrat di DPR.

"Jika Doktor Andi Mallarangeng terpilih sebagai ketua umum, maka kita berharap akan merangkul semua pihak," kata Edhi yang panggilan akrabnya adalah Ibas.

Ibas kemudian mengatakan"Kami men-"support" Doktor Andi Mallarangeng".

Sementara itu, dukungan juga disampaikan dari seluruh jajaran dewan pimpinan daerah(DPD) se-Indonesia yang disampaikan Ketua DPD DKI Jakarta Nachrowi Ramli.

Dalam menyampaikan dukungannya, Nachrowi yang merupakan purnawirawan berpangkat mayor jenderal serta pernah menjadi Kepala Lembaga Sandi Negara menegaskan bahwa seluruh DPD di semua provinsi mendukung Andi untuk memimpin partai ini selama lima tahun mendatang.

Acara pendeklarasian ini ditangani Fox Indonesia yang dikelola dua adik Andi, yakni Rizal Mallarangeng serta Choel Mallarangeng.
(T.A011/A014/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010