Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono berharap Kongres Nasional Ke-2 Partai Demokrat pada 21-23 Mei 2010 di Bandung dapat membuat partai semakin baik selama lima tahun ke depan.

Dalam pidatonya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Partai Demorat Tahun 2010 di Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Sabtu malam, Yudhoyono mengatakan kesuksesan Kongres Nasional pada bulan depan itu dapat membuat Partai Demokrat berbuat lebih baik lagi kepada rakyat, bangsa, dan negara.

"Meskipun Partai Demokrat belum berusia 10 tahun, tapi kita mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman berharga. Ke depan oleh karena itu Insya Allah kita bangun partai yang lebih baik," tutur Yudhoyono yang juga Presiden RI..

Ke depan, Yudhoyono mengatakan, ia ingin Partai Demokrat menjadi partai tengah yang kuat dan modern.

Yudhoyono menyebutkan Kongres Partai Demokrat mendatang beragendakan empat hal, yaitu pemilihan kepemimpinan dan kepengurusan partai 2010-2015, penetapan struktur organisasi partai yang baru agar lebih efektif untuk mengemban tugas-tugas pada masa depan, penyempuraan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga agar mencerminkan manajemen partai modern, serta penetapan garis-garis besar kebijakan strategi, dan rencana aksi partai selama lima tahun mendatang.

Rakornas I Partai Demokrat pada Sabtu malam bertema "Bersatu Membangun Partai Demokrat untuk Masa Depan" itu merupakan forum koordinasi atau prakongres menjelang Kongres Nasional pada Mei 2010.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo mengingatkan tantangan dan tanggung jawab Partai Demokrat pada masa depan akan lebih berat, khususnya untuk mengawal program-program pemerintah periode 2009-2014.

"Terlihat jelas tantangan, bahkan fitnah-fitnah sengaja ditujukan kepada Partai Demokrat dan Presiden SBY. Mari kita semua tetap tegar dan terus berusaha agar Partai Demokrat dan bersama-sama Presiden SBY melaksanakan program-program pro rakyat," tuturnya.

Hadi Utomo mengingatkan seluruh kader Partai Demokrat agar pelaksanaan pemilihan ketua umum pada Kongres Nasional ke-2 Partai Demokrat berjalan tertib sesuai dengan politik yang bersih, cerdas, dan santun.

Ia juga mengingatkan para calon ketua umum agar dalam beraktivitas selalu dengan sepengetahuan dirinya sebagai ketua umum masih menjabat.

"Silahkan siapa yang mau maju, tapi harus tetap diperhatikan etika politik, moral, koridor-koridor hukum. Saya sampai saat ini masih ketua umum karena itu semua kegiatan harus jelas diketahui saya," ujarnya.

Hingga saat ini beberapa calon sudah mendeklarasikan kesiapannya untuk maju sebagai ketua umum Partai Demokrat, yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Ketua Fraksi Demokrat di DPR Anas Urbaningrum, serta Ketua DPR Marzuki Alie.

(T.D013/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010