Milan (ANTARA News/AFP) - Pemerintah Italia, Jumat mengumumkan, akan menawarkan 420 juta euro (560 juta dolar AS) insentif untuk membantu industri yang mengalami kesulitan ekonomi dalam pemulihan yang lambat.

"Tujuan keputusan ini adalah untuk mendukung itu (pemulihan) untuk mencapai tujuan pertumbuhan 2010," kata Menteri Perindustrian Italia Claudio Scajola pada sebuah konferensi pers.

Pemerintah dalam ramalan terakhir memperkirakan pertumbuhan 1,1 persen untuk ekonomi Italia tahun ini.

Insentif akan mengambil bentuk diskon, dibayar oleh pemerintah, antara 10 dan 20 persen pada harga akhir barang.

Jumlah bantuan yang ditawarkan oleh pemerintah untuk setiap kelas produk berkisar dari 60 juta euro yang dicadangkan untuk dapur atau rumah hemat energi hingga 2,0 juta euro untuk motor listrik.

Barang lain yang memperoleh manfaat dari bantuan itu termasuk mesin pertanian, crane, peralatan, motor untuk kapal dan koneksi internet broadband yang didirikan oleh pengguna muda.

Perusahaan tekstil malah akan mendapatkan keuntungan dari 70 juta euro (95 juta dolar AS) potongan pajak untuk produksi dari contoh koleksi mereka.

Pemerintah juga menawarkan 50 juta euro bantuan untuk "sektor inovatif" untuk proyek-proyek di industri penerbangan, bahari, televisi dan nuklir.

Insentif akan dikirim mulai 6 April.

Pemerintah pada Februari memutuskan untuk tidak memperbaharui program "cash-for-clunkers" di mana pemilik mobil dapat melakukan "trade in" kendaraan lama dengan yang baru pada sebuah pengurangan harga.

CEO Fiat Sergio Marchionne memperingatkan pada Februari bahwa tanpa program, penjualan mobil tahun ini akan turun dari 350.000 unit di Italia dibandingkan 2009. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010