Jakarta (ANTARA) - Untuk mendukung program mengurangi emisi karbon, Menteri Perindustrian Jepang, Hiroshi Kajiyama mengungkapkan Jepang akan berusaha menciptakan rantai pasokan bahan bakar hidrogen pada tahun 2030.

"Jepang akan mencoba mempercepat perkembangan teknologi untuk meningkatkan sistem transportasi hidrogen menggunakan kapal sekitar tahun 2030," ungkap Kajiyama, menunjuk rencana Kawasaki Heavy Industries yang mengirimkan hidrogen cair dari Australia ke Jepang awal tahun depan untuk pertama kalinya di Dunia.

Dilaporkan oleh Reuters, Jumat, Kawasaki telah meluncurkan armada pembawa hidrogen cair pertama di dunia pada Desember lalu.

Baca juga: Seoul gelar acara mobilitas hidrogen pertama di dunia

Baca juga: Hyundai vs Tesla, pertarungan mobil hidrogen dan listrik masa depan


Jepang meluncurkan strategi hidrogen dasar pada tahun 2017, yang bertujuan untuk mengimpor sekitar 300.000 ton hidrogen pada tahun 2030.

Untuk mendukung pembuatan bahan bakar hidrogen lebih komersial, Kajiyama mengatakan kementeriannya telah meminta anggaran hidrogen sebesar 800 juta dolar AS untuk tahun fiskal berikutnya, 20 persen lebih banyak dari tahun ini.

"Mengingat momentum yang berkembang dalam tindakan yang diambil oleh banyak negara menuju penggunaan hidrogen yang lebih luas, kami telah berbagi pemahaman yang sama bahwa hidrogen adalah energi penting untuk dekarbonisasi," kata Kajiyama.

Hidrogen disebut-sebut sebagai jalur alternatif yang bersih untuk bahan bakar fosil. Sekarang, saat ekonomi besar mempersiapkan investasi, para pendukung sedang mencoba untuk mendorong energi itu menjadi arus utama.

Di prefektur Fukushima Jepang utara, pembangkit listrik tenaga hidrogen terbesar di dunia dengan energi terbarukan, dengan kapasitas 10 megawatt, sudah dibangun pada bulan Maret.

Chiyoda Corp berhasil dalam proyek percontohan pada bulan Juni, untuk mengirimkan hidrogen dalam bentuk kimia, methylcyclohexane, dari Brunei ke Jepang sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik.

Toyota Motor dan delapan perusahaan lain mengatakan bahwa mereka akan membentuk asosiasi hidrogen nasional baru pada bulan Desember, untuk mempromosikan rantai pasokan hidrogen dan aliansi global.

Baca juga: Toyota, Hitachi, JR East buat kereta hybrid hidrogen

Baca juga: Hyundai kirim tujuh truk sel bahan bakar pertama ke Swiss

Baca juga: Toyota-Honda mulai uji coba mobil pemasok listrik Moving-e
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020