Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Motors Corp (MMC) pada hari ini merilis Eclipse Cross model tahun 2021 dengan perubahan tampilan yang kian ramping dan sporty.

New Eclipse Cross berbahan bakar bensin akan diluncurkan pertama kali di Australia dan Selandia Baru pada November, sedangkan varian plug-in hybrid (PHEV) tersedia pada tahun 2021.

Varian bensin dan PHEV bisa dipesan mulai hari ini di Jepang, kemudian mobil itu akan tersedia di pasaran pada akhir tahun ini. Sedangkan di Amerika Utara, model bensin akan debut pada kuartal pertama 2021, namun belum ada rencana untuk menambahkan model PHEV untuk pasar tersebut.

Baca juga: Manjakan Xpander lawas lewat "Xpander Extended SMART Package"

Baca juga: Mitsubishi hadirkan tampilan pertama dari Eclipse Cross


“Sejak kami mulai memikirkan kembali New Eclipse Cross, kami ingin menunjukkan peningkatan untuk performa jalan dan ramah lingkungan, semua dengan gaya yang menonjol yang akan membawa SUV ini ke level berikutnya,” kata Minoru Uehara, kepala spesialis produk MMC, yang bertanggung jawab untuk memimpin dan memfasilitasi pembuatan Eclipse Cross baru dalam siaran pers, Kamis.
 
Interior Mitsubishi NEW Eclipse Cross (ANTARA/HO MMC)


“Selain eksterior kontemporer dan interior yang nyaman dan cerdas, sistem Super All Wheel Control (S-AWC) Mitsubishi yang legendaris memastikan bahwa pengemudi selalu memegang kendali untuk petualangan mereka berikutnya," ujar dia.

New Eclipse Cross menampilkan peningkatan gaya yang signifikan agar tampilan SUV itu menjadi ramping dan sporty. Bagian depan mengadopsi versi evolusi dari konsep desain Dynamic Shield khas Mitsubishi. Pelindung bumper depan baru dan tata letak lampu juga disegarkan.

Kesan ramping terlihat dari siluet samping dengan palka dan jendela belakang yang didesain ulang. Pintu belakang didesain dengan pahatan berbentuk segi enam bentuk ban serep guna memberikan kesan tangguh pada SUV itu.

Interior mobil itu juga diubah dengan warna hitam dan aksen perak, dengan jok berlapis kulit abu-abu. Sistem audio display link-smartphone (SDA) 8 inci hadir sebagai fitur standar.

Powertrain PHEV baru

New Eclipse Cross menggunakan sistem PHEV 4WD motor ganda. Rancangan arsitektur PHEV terdiri dari satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan satu belakang, baterai penggerak berkapasitas besar, dan mesin MIVEC 2,4 liter yang dilengkapi gearbox planetary kecepatan tunggal,.

Untuk varian PHEV spesifikasi Jepang, sistem secara otomatis memilih tiga mode berkendara untuk menyesuaikan berbagai kondisi yakni EV, Series Hybrid atau Parallel Hybrid.

Baterai traksi juga dapat digunakan sebagai sumber listrik yang andal untuk bersantai di luar ruangan atau dalam keadaan darurat karena dapat memasok daya hingga 1.500 watt dari outlet on-board.

Ketika kendaraan telah terisi penuh dan diisi bahan bakar, kendaraan tersebut dapat memasok listrik ke rumah tangga umum hingga 10 hari melalui sistem Vehicle-to-Home.

Baca juga: MMKSI ungkap mobil baru pekan depan, berkonsep "Adventure in Black"

Baca juga: Mitsubishi berniat hentikan produksi kendaraan listrik i-MiEV

Baca juga: Mitsubishi akan pangkas hingga 600 pekerja
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020