Samarinda (ANTARA News) - Satu rumah kos berkamar 17 di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), hangus terbakar pada Selasa.

Dilaporkan, rumah kos milik Mulyadi yang terletak di Jalan Elang Gang. 4 RT. 81 No. 103, Samarinda utara itu berlangsung sejak pukul 14. 30 Wita.

Belasan unit mobil Pemadan Kebakaran yang diterjunkan di lokasi terus berupaya memblokade kobaran api agar tidak merambah ke rumah warga lainnya.

Api, akhirnya berhasil dijinakkan satu jam kemudian atau sekitar pukul 15.30 Wita.

Sejumlah saksi mata yang ditemui di lokasi kebakaran menyebut, api terlihat mulai berkobar dari lantai dua rumah kos milik Mulyadi tersebut.

"Api mulai terlihat dari atas rumah Muyadi kemudian dengan cepat menghanguskan rumah kos-kosan itu," ungkap seorang warga Jalan Elang, H. Ruslan.

Saksi mata lainnya, Hasnah, mengatakan, api dengan mudah melalap rumah kos-kosan tersebut karena angin bertiup cukup kencang danrumah tersebut terbuat dari kayu yang mudah terbakar.

"Kami hanya berupaya menyelamatkan barang-barang dari rumah sebab api terlihat sangat membara. Untungnya, pemadam kebakaran cepat tiba di lokasi sehingga api bisa segera dipadamkan dan tidak merambah kerumah warga lainnya yang jaraknya sangat dekat dengan rumah kos-kosan itu," ujar Hasnah.

Salah seorang petugas Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsekta Samarinda utara, Brigpol Iwan menyebutkan, dari keterangan saksi mata, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik dari kamar yang dihuni Yusuf di lantai dua rumah kos milik Mulyadi.

"Kami telah mengamankan Mulyadi dan Yusuf untuk dimintai keterangan. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat kosleting listrik sebab menurut pengakuan Yusuf, sebelum kebakaran dia sempat mengecas laptop kemudian meninggalkan kamarnya," kata Brigpol Iwan.

Sementara, pemilik kamar yang diduga asal api, Yusuf, ditemui di lokasi kebakaran mengaku heran jika penyebab kebakaran itu akibat kosleting listrik saat mengecas laptop.

"Saya ngecas laptop sekitar pukul 11.30 Wita kemudian saya pergi Ke Citra Niaga. saat kembali, api sudah menghanguskan kamar kos yang saya tempati. Saya heran jika ngecas laptop bisa menjadi penyebab kebakaran," ujar Yusuf yang mengaku sangat terpukul atas peristiwa itu sebab semua barang termasuk ijazah SD hingga SMA miliknya hangus terbakar.
(T.A053/Z002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010