Manado (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku bangga dan senang, karena di Sulawesi Utara (Sulut) ada juga figur perempuan yang hendak bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2010.

"Saya senang ketika menginjakkan kaki di Manado, ternyata ada juga figur perempuan ikut maju di Pilkada Sulut," kata Megawati saat membuka Konferensi Daerah (Konferda) PDIP Sulut, di Manado Convention Center (MCC), Senin.

Pada tahun 2010 akan digelar Pilkada serentak di Sulut, yakni Pemilihan Gubernur Sulut, Pemilihan Bupati Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolmong Selatan, Bolmong Timur, juga pemilihan Wali kota Manado, Tomohon dan Bitung.

Menurut istri dari Taufik Kiemas ini, figur perempuan memiliki ciri khas dan kelebihan tersendiri ketika dia menjadi seorang pemimpin.

"Selain kemampuan yang ada dalam diri seorang perempuan, juga sangat cantik," kata Megawati di hadapan ribuan massa PDIP.

Sejumlah figur perempuan yang siap bersaing menjadi calon kepala daerah melalui PDIP, yakni untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut ada Wakil Ketua DPRD Sulut Sus Pangemanan dan Hendriata Henny Wullur.

Megawati mengajak kalangan perempuan untuk menunjukkan kinerja dan simpati yang baik kepada masyarakat, sekaligus memperlihatkan kemampuan yang tidak kalah dari kalangan pria.

Tampak hadir pada pembukaan Konferda itu Ketua DPD PDIP Sulut, Freddy Sualang, beberapa bakal calon Gubernur Sulut yang ikut penjaringan di PDIP, yakni anggota DPR RI Olly Dondokambey, mantan Rektor Unsrat Manado Prof Lucky Sondakh, Bupati Minahasa Selatan RM Luntungan dan profesional Hamdi Paputungan.

(T.H013/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010