Jakarta (ANTARA News) - ATPM Chevrolet di Indonesia, PT General Motors Autoworld Indonesia (GMAI), meluncurkan produk teranyarnya Chevrolet Cruze yang akan menjadi patokan karakter desain Chevrolet di masa depan.

Produk terbaru di segmen medium sedan itu mempunyai beberapa keunggulan baik dari segi desain maupun performa, kata Managing Director GMAI Mukiat Sutikno di sela penuncuran Chevrolet Cruze di Atrium Senayan City Jakarta Selatan, Senin.

Kendaraan yang dinobatkan sebagai salah satu mobil terbaik di dunia itu, misalnya mempunyai dimensi panjang 4.597mm, lebar 1.788mm dan tinggi 1.477mm, terbesar pada kelasnya.

Mobil yang dijagokan Presiden Obama sebagai car of the future itu mempunyai kestabilan dan pengendalian yang lebih baik di antara para pesaingnnya.

Di sisi interior fitur-fitur mewah dan bervisi masa depan terlihat menonjol.

Sebut saja meter cluster mewah dengan Translucent Ring with Chrome Top berpadu Ice Blue Illumination dan tombol-tombol dengan sentuhan chrome pada Integrated Centre Stack (ICS).

Performa yang apik adalah andalan utama selain desain yang mentereng.

Dibekali mesin baru 1.8-liter 4-silinder 16-katup DOHC DCVCP (Double Continuosly Variable Cam Phaser) generasi ketiga, Cruze mampu mencapai tenaga 141 pada 6.200rpm (putaran mesin per menit) dan torsi 176 pada 3.800 rpm.

Sementara dengan teknologi 6GF Hydra-Matic GM Tiptronik, konsumsi bahan bakar bisa dikurangi dan memberikan tingkat akurasi yang tepat saat memindahkan gigi sehingga memberikan kesan lembut dalam berkendara.

Selain desain dan performa, sedan ini juga menjamin keselamatan pengendara jika terjadi kecelakaan.

Dilengkapi dengan Advance Chassis System berarsitektur Body Frame Integral (FBI), sistem sasisnya secara optimal menyerap benergi benturan.

Sedangkan Side Door Impact Beam yang terpasang pada setiap pintu, melindungi penumpangnya saat terjadi benturan samping.

Hasilnya Cruze meraih 5-bintang (tertinggi) dalam pengujian keselamatan yang dilakukan badan independen Euro NCAP (European New Car Assessment Programme), CNCAP (China New Car Assessment Program), serta ANCAP (Australasian New Car Assessment Program).

Dengan kelengkapan fasilitas seperti itu, Mukiat yakin Cruze akan membuka peluang Chevrolet di pasar otomotif Indonesia.

"Rencananya Chevrolet Cruze akan dipasarkan sebanyak 200 sampai 250 unit pertahun," papar Mukiat sambil menambahkan bahwa target Chevrolet sendiri di Indonesia mencapai 3.500 di tahun 2010.

Hadir dengan dua varian, Cruze ditawarkan seharga Rp.309 juta untuk manual dan Rp.335 juta untuk otomatik, on the road Jakarta.

Chevrolet Cruze tersedia dalam lima pilihan warna Velvet Red, Light Gold, Poly Silver, Pewter Grey, dan Carbon Flash Black.

(Ber/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010