Jakarta (ANTARA) - Margaret Nolan, aktris yang pernah memerankan gadis model yang dicat emas dalam salah satu waralaba James Bond, "Goldfinger" pada 1964, tutup usia pada 5 Oktober lalu, putranya Oscar Deeks mengonfirmasi pada Variety dikutip Senin.

Nolan meninggal dunia di usianya yang ke-76 tahun.

Sutradara Edgar Wright pertama kali mengumumkan kabar meninggalnya sang aktris di Twitter dalam sebuah tribut yang menyentuh: "Dia pernah berada di tengah-tengah diagram Venn segala hal yang keren di tahun 60-an, tampil bareng Beatles, lebih dari seorang ikon di film Bond dan jadi bagian 'Carry On' juga."

Nolan lahir pada tahun 1943 di Somerset, Inggris dan besar di London.

Dia memulai karier sebagai seorang model dengan nama Vicky Kennedy di awal tahun 60-an namun saat mulai akting dia kembali menggunakan nama aslinya.

Selain main di film James Bond jadi gadis bernama Dink di film "Goldfinger" pada tahun 1964, Nolan pernah juga tampil di film Beatles "A Hard Day’s Night" pada Juli di tahun yang sama.

Meski memerankan tokoh dengan porsi kecil di "Goldfinger", namun dia sangat diingat. Dia menolak kesempatan keliling dunia selama dua tahun sebagai model Goldfinger untuk mengejar karier akting.

Nolan lants setop akting pada pertengahan 80-an dan kembali ke dunia akting pada 2011 sebagai Dame Margaret di film Yvonne Deutschman "The Power of Three." Dia kemudian pindah ke Spanyol.

Pada 2019, Wright mengaudisi dia untuk peran kecil di film yang akan datang "Last Night in Soho."

Nolan meninggalkan dua putra, sineas Oscar Deeks dan Luke O’Sullivan.

Baca juga: Bikini Gadis James Bond pertama di "Dr. No" akan dilelang

Baca juga: "No Time to Die" kembali tunda perilisan hingga April 2021

Baca juga: Henry Cavill sebut ingin perankan "James Bond"

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020