Jakarta (ANTARA) - Menyaksikan konten video yang ada di YouTube menjadi salah satu hiburan tersendiri yang banyak dilakukan setiap orang dalam masa pandemi sekarang ini.

Menurut Muriel Makarim selaku Product Marketing Manager, Large Advertiser Agency Google Indonesia menyebut ada beberapa jenis konten yang mengalami jumlah kenaikan penonton signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

"Di sini kita lihat ada konten yang hubungannya dengan otomotif. Jadi seperti oto exhibition. Konten ini growth sampai dua kali lipat. Mungkin asumsi yang bisa kita tarik dari hal ini adalah dengan adanya PSBB orang yang biasa bisa ke dealer untuk test drive sekarang sudah tidak bisa atau susah," kata Muriel Makarim dalam diskusi virtual, Selasa.

Selanjutnya, Muriel Makarim menyebut konten yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan juga mengalami penambahan jumlah penonton yang signifikan.

"Itu growth lebih dari 80 persen. Cukup menarik berarti orang Indonesia itu selalu mau belajar. Dalam hal ini ada hubungannya dengan bisnis, mungkin bagaimana cara membangun bisnis baru, hubungan dengan sejarah, ilmu hukum, atau science," ujar Muriel Makarim.

Baca juga: BLACKPINK artis dengan pelanggan kedua terbanyak di YouTube

Baca juga: YouTube Fanfest akan digelar virtual untuk pertama kali


Konten yang berkaitan dengan memasak, menurut dia, juga menjadi pilihan favorit dari para penonton di YouTube. Kegiatan memasak juga bisa menjadi alternatif berkegiatan terutama di masa pandemi sekarang ini.

"Terutama untuk orang tua yang di rumah yang mungkin lagi cari kesibukan sama anaknya ini banyak resep menarik," terangnya.

Terakhir yang tak ketinggalan adalah konten yang berkaitan dengan game yang juga masih menjadi favorit di YouTube dalam beberapa tahun terakhir.

"Gaming itu udah dari tahun lalu sangat besar di YouTube. Misalnya multiplayer online battle arena seperti PUBG, Mobile Legend, bahkan sekarang ada istilah baru "mabar" atau main bareng," papar Muriel.

Tak hanya itu, kata kunci movies juga mengalami peningkatan jumlah pencarian yang paling dicari oleh penonton YouTube saat ini.

"Ini menunjukkan bahwa interest orang Indonesia dengan film online naik. Di sini ada empat statistik di mana growth dari kata kunci movies meningkat hampir 90 persen. Itu tinggi sekali hampir dua kali lipat. Terus kata kunci online movie itu meningkat, dan streaming," imbuhnya.

Baca juga: Youtube Shorts, fitur video singkat mirip TikTok

Baca juga: YouTube matikan mode PIP iOS 14, hanya untuk Premium

Pewarta: Y014
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020