Palembang (ANTARA News) - Sejumlah duta besar (dubes) negara sahabat yang berkunjung ke Kota Palembang, Sumatra Selatan untuk berwisata dan penjajakan investasi, menyempatkan diri menanam pohon penghijauan di Taman Kambang Iwak Palembang, Minggu.

Dubes Belgia, Christiaan Tanghe, mengaku sangat senang bisa berkunjung ke Kota Palembang berwisata dan berkesempatan menanam pohon di taman kota tersebut.

"Pohon ini diharapkan tumbuh dan berkembang, sehingga akan menghijaukan Kota Palembang yang menyenangkan ini," kata dia.

Dia menyatakan, sangat terkesan dengan wisata di daerah tersebut, terutama ketika mengarungi Sungai Musi dengan kapal wisata milik pemda setempat.

Ia berkeinginan untuk datang kembali dengan membawa rombongan dari negaranya.

Selain Dubes Belgia, sejumlah dubes lainnya juga melakukan penanaman pohon di taman yang berada tepat di depan rumah dinas wali kota setempat, seperti Dubes Brasil, Argentina, Kolombia, Brunei Darussalam, Meksiko, dan Jerman, serta Afrika Selatan.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra, mengatakan, sudah menjadi tekad sejak awal untuk memberikan kesempatan kepada tamu-tamu penting yang datang ke daerah itu, bisa menanam pohon penghijauan di kota ini.

Penanaman pohon tersebut diharapkan mampu merealisasikan target pemerintah kota (pemkot) setempat menjadikan Palembang sebagai kota yang bersih, hijau dan berudara bebas polusi, kata Eddy pula.

Dia menjelaskan, kedatangan dubes beberapa negara tersebut tidak hanya untuk berwisata dengan mengunjungi objek wisata andalan Kota Palembang.

Tetapi juga menjajaki kerja sama berbagai potensi investasi yang sangat besar peluangnya dilaksanakan di daerah itu, dengan dukungan berbagai komoditas unggulan baik perkebunan maupun pertambangan, ujar dia pula.

Dubes negara sahabat tersebut pada Sabtu (6/3) berkesempatan mengunjungi objek wisata di Kota Palembang, seperti wisata Sungai Musi dengan menumpang kapal wisata dan mengunjungi sejumlah objek wisata andalan Pulau Kemaro dan Kampung Kapiten.

Rombongan yang dipimpin anggota DPR RI asal Sumatra Selatan, Tantowi Yahya tersebut juga berkunjung ke sentra produksi songket dan sejumlah museum.

(T.B014/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010