Jakarta (ANTARA News) - Toyota mengintensifkan kegiatan bina lingkungan di kalangan pelajar sekolah menengah atas (SMA) melalui program Toyota Eco Youth (TEY) yang berkesinambungan.

"Kami akan terus melanjutkan program TEY, guna meningkat kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup di kalangan remaja," ujar Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan, di Jakarta, Minggu.

Usai menyerahkan hadiah kepada pemenang TEY ke-5 di pameran "Eco Products," ia memastikan tahun ini dan tahun depan program TEY terus dilanjutkan.

TEY merupakan kontes peningkatan kesadaran lingkungan tingkat SMA melalui konsep dan aplikasi pemanfaatan sampah. Pada TEY ke-5, Toyota menambah penilaian berupa penerapan sain dan teknologi, guna mendorong pelajar SMA menerapkan teknologi tepat guna ramah lingkungan.

"Kami berharap para finalis dan pemenang menjadi agen lingkungan hidup di lingkungan sekolah mereka dan masyarakat," katanya.

Ditambahkan Presdir PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Masahiro Nonami, TEY didesain untuk meningkatkan dan memperluas kepedulian melestarikan lingkungan hidup kepada generasi muda, khususnya di Indonesia.

"Kami berharap melalui program TEY, Indonesia akan memiliki praktek terbaik dari sekolah ramah lingkungan, yang orang lain bisa belajar darinya bagaimana mengimplementasikan proyek lingkungan hidup," katanya.

Pada TEY ke-5 yang diikuti oleh 18 finalis, keluar sebagai pemenang pertama SMA Semen Gresik untuk kategori kontes pengelolaan limbah dan SMA 21 Makasar untuk kategori aktivitas berkelanjutan dalam proyek lingkungan hidup.

Menteri Negara Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta yang hadir pada acara itu berharap program bina lingkungan dilakukan secara intensif di kalangan generasi muda, guna membantu menekan pemanasan global.

"Kebersihan itu sebagian dari iman bukan hanya pada diri kita, tapi juga lingkungan," ujarnya sambil berharap kalangan pelajar SMA yang hadir menjadi agen lingkungan hidup di masyarakat sekitar mereka.

Secara lengkap juara pertama kategori pengolahan limbah adalah SMA Semen Gresik, kedua SMA 6 Yogyakarta, dan ketiga SMK 1 Banjarmasin. Sedangkan kategori kesinambungan adalah juara pertama SMA 21 Makasar, kedua SMK 2 Semarang, dan ketiga SMA 1 Depok.
(T.R016/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010