Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson, mulai memasarkan semacam "mall aplikasi" bagi operator telpon selular di Indonesia dengan nama e-Store.

"Kita mulai memasarkannya tahun ini karena peluncuran secara global sudah dilakukan di Barcelona beberapa waktu lalu," kata President and Country Manager Ericsson Indonesia, Arun Basal, di Jakarta, Minggu.

Ia menyebutkan telah ada 20.000 aplikasi lebih yang siap dipasarkan oleh operator melalui e-Store.

Namun, ia belum dapat mengatakan kapan "mall" yang menjual aplikasi secara online ini benar-benar ada di Indonesia mengingat belum ada operator yang menggunakannya.

"Kapan e-Store ada di sini, itu tergantung keinginan operator siapa yang akan tertarik," kata Basal.

Ia mengugkapkan Ericsson memberikan kesempatan aplikasi lokal ikut mengisi e-Store sehingga jumlahnya akan bertambah bahkan pihaknya akan memberikan semacam platform bagi aplikasi lokal sehingga dapat dipasarkan secara global.

Terkait dengan investasi, ia mengatakan tidak memerlukan banyak investasi mengingat produk ini sangat mudah dikembangkan.

Mall aplikasi online ini hanya khusus diperuntukan bagi service provider dan Ericsson tidak menawarkan langsung pada pemakai akhir.

Pembagian keuntungan dari e-Store ini tentunya akan dibagi tiga dengan porsi terbesar ada di pembuat aplikasi, kedua adalah operator, dan porsi terkecil diperuntukkan bagi Ericsson.(V002/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010