Bantul (ANTARA News) - Tim tuan rumah Persiba Bantul berhasil menang telak 5-0 atas tim tamu Persikota Tangerang dalam laga putaran kedua kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2009/2010 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat sore.

Kemenanganan tersebut sekaligus membalas kekalahan Persiba Bantul yang kalah 1-2 saat bertandang ke Persikota Tangerang pada laga putaran pertama.

Gol pembuka kemenangan Persiba tercipta pada menit 11 melalui tembakan pinalti Ezequiel Gonzalez setelah pemain ini diganjal keras penjaga gawang Persikota Tangerang Sofyan Hadi.

Pemain depan Persiba Bantul Ugik Sugiyanto menambah kemenangan menjadi 2-0 pada menit ke 37 setelah melesakkan bola ke sudut kanan gawang Persikota Tangerang setelah sebelumnya bekerjasama membangun serangan dengan Ezequiel Gonzalez. Kedudukan 2-0 untuk Persiba Bantul ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak ke dua Persiba Bantul tidak sedikitpun mengurangi serangan, melalui penyerang Ezequiel Gonzalez dan Ugik Sugiyanto maupun dari pemain tengah seperti Slamet Nurcahyo, Seto Nurdiyantara maupun Rully Handoyo.

Serangan gencar Persiba Bantul tersebut membuahkan hasil pada menit ke 65 setelah Slamet Nurcahyo menyarangkan bola ke tengah gawang Persikota melalui sundulan yang memanafaatkan kemelut terjadi di depan gawang Persikota sehingga mengubah skor menjadi 3-0 untuk Persiba Bantul.

Slamet Sucahyo kembali menambah kemenangan Persiba Bantul menjadi 4-0 melalui tembakan keras setinggi pinggang setelah mendapat umpan dari Ezequiel Gonzalez yang gagal diantisipasi penjaga gawang Persikota Sofyan Hadi.

Persiba Bantul menutup kemenangan menjadi 5-0 pada menit 88 melalui tendangan keras Seto Nurdiyantara yang membangun serangan dari sisi kiri pertahanan Persikota Tangerang. Tembakan mendatar kapten tim Persiba Bantul tersebut memaksa penjaga gawang Persikota Sofyan Hadi memungut bola dari gawangnya dan skor berubah menjadi 5-0 hingga pertandingan selesai.

Pertandingan yang dipimpin wasit Kusni ini berlangsung di bawah guyuran hujan deras dan disaksikan sekitar 10 ribu penonton, dalam pertandingan tersebut wasit juga mengeluarkan tiga kartu kuning masing-masing untuk Sahroji dari Persikota Tangerang serta dua kartu kuning untuk Nopendi dan Zaenal Fanani dari Persiba Bantul.

Pelatih Persiba Bantul Eduard Tjong mengaku sangat puas dengan permainan anak asuhnya yang penuh dengan semangat dan daya juang tinggi.

"Sebelum pertandingan saya katakan kepada pemain, saya tidak mau bicara teknik jika mereka tidak memiliki semangat dan daya juang karena itu akan percuma saja. Saya berterima kasih dengan pemain karena mereka menunjukkan semangat dan perjuangan yang tinggi," katanya.

Sedangkan Asisten Manajer Persikota Sahril mengatakan, kekalahan besar tim Persikota Tangerang ini karena disebabkan para pemainnya kelelahan setelah sebelumnya bertanding melawan Pro Duta Sleman.

"Harus diakui Permainan Persiba Bantul sangat bagus hari ini, sedangkan pemain kami masih kelelahan setelah melawan Pro Duta beberapa waktu lalu, meskipun sebenarnya dari sisi teknik pemain tidak ada masalah dan mereka main cukup bagus," katanya.
(U.H008/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010