Moskow (ANTARA News/AFP) - Pemerintah Rusia pada Kamis mengumumkan rencana untuk investasi hampir 20 miliar dolar AS selama dekade mendatang untuk mengubah industri mobil Rusia menjadi pemain global utama.

Sekitar 584 miliar rubel (19,6 miliar dolar AS) dana negara akan diinvestasikan dalam industri mobil 2020, Menteri Perindustrian Viktor Khristenko mengatakan setelah rapat kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri Vladimir Putin.

"Tujuan akhir kami adalah untuk memiliki industri otomotif modern di negeri ini yang mencakup seluruh rantai pasokan sampai produk akhir," kata Putin, menurut sebuah transkrip pernyataannya pada situs web pemerintah Rusia.

"Kita harus bekerja keras untuk membuat industri otomotif nasional lebih kompetitif," ia menambahkan.

Pasar mobil Rusia, yang sebelum krisis keuangan global dianggap memiliki prospek pertumbuhan terbaik di Eropa, menyusut 49 persen pada 2009. Pasarnya telah mulai stabil, tetapi pada Januari masih turun 37 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Krisis terburuk telah memukul produsen mobil terbesar Rusia Avtovaz, pembangun dari mobil Lada dan mempekerjakan lebih dari 100.000 orang, yang diakui para pejabat telah terdorong ke tepi jurang kebangkrutan oleh krisis.

Putin memuji keberhasilan Rusia dalam menarik hampir semua produsen mobil terkemuka di dunia untuk berinvestasi di negeri ini dan memproduksi merek mereka di pabrik Rusia.

Termasuk investasi oleh perusahaan mobil asing, pemerintah memperkirakan total sampai dengan 1,2 triliun rubel (40 miliar dolar) untuk diinvestasikan di industri otomotif pada 2020, kata Khristenko. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010