Jakarta (ANTARA) - Menjelang turnamen catur beregu bergengsi "Asian Online Nation Chess Cup 2020" pada 10-25 Oktober, PB Percasi serius mempersiapkan wakilnya yang akan ikut berlomba dengan menyelenggarakan seleksi anggota tim catur Indonesia.

Pecatur yang diseleksi nantinya akan bergabung bersama jajaran pecatur utama Indonesia yaitu GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro dan IM Yoseph Taher pada bagian putra, serta dan IM Irene Kharisma Sukandar dan IM Medina Warda Aulia pada bagian putri.

Setiap tim, baik putra maupun tim putri masing-masing terdiri dari lima pemain dengan susunan empat pecatur inti dan satu cadangan, kata PB Percasi dalam rilis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Melalui dua tahap seleksi pada 30 September dan 1 Oktober yang dilakukan dengan kualifikasi enam babak sistem Swiss yang dilanjutkan sistem setengah kompetisi, telah terpilih sejumlah kandidat terbaik.

Baca juga: Susanto Megaranto juarai turnamen catur Bangladesh

Mereka adalah FM Agus Kurniawan dan IM Azarya Jodi Setyaki pada bagian putra, serta WIM Chelsie Monica Sihite, WIM Dita Karenza, WFM Nadya Angraini pada bagian putri.

Pada turnamen ini, tim catur Indonesia menargetkan perempat final yang berarti tim nasional harus mampu masuk delapan besar pada babak kualifikasi. Sementara anggota federasi mencapai 54 negara.

Turnamen ini akan dilangsungkan melalui dua tahap pertandingan. Pertama tahap kualifikasi dengan sistem Swiss sembilan babak untuk mencari delapan tim teratas yang akan melaju ke perempat final, dan bertanding secara silang dengan sistem gugur.

Tim catur Indonesia akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto sebagai Chef de Mission dan didampingi oleh Wakil Ketua Umum PB Percasi Ichsan Sulystio sebagai Tim Manajer, Kristianus Liem sebagai Kapten tim putra dan Yoseph Majella sebagai Kapten tim putri.

Tim catur Indonesia akan membuat posko sama seperti saat Olympiad Chess Online, yaitu bermarkas di Wisma DPR RI Cisarua, Bogor.

Baca juga: FIDE umumkan Turnamen Kandidat Catur 2020 berlanjut November

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020