Jakarta (ANTARA News) - Rapat pleno Panitia Angket Kasus Bank Century memutuskan menugaskan kembali tim perumus untuk memperbaiki dan menyelesaikan laporan kesimpulan Panitia Angket hingga Senin pekan depan (1/3), kata Ketua Panitia Angket Kasus Bank Century Idrus Marham di Gedung DPR, Jakarta, Kamis.

"Forum rapat pleno mempercayakan kembali kepada Mahfudz Siddiq (Ketua Tim Perumus/Tim Kecil) dan kawan-kawan untuk memperbaiki dan menyelesaikan laporan kesimpulan Panitia Angket," kata Idrus Marham ketika memimpin rapat pleno Pasus Century itu.

Idrus mengatakan, Panitia Angket Kasus Bank Century akan menyelenggarakan rapat pleno lagi pada Senin (1/3) untuk mendengarkan pemaparan Tim Perumus mengenai laporan kesimpulan Panitia Angket yang telah lengkap, termasuk kesimpulan dan rekomendasi.

Dia memaparkan, laporan kesimpulan Panitia Angket disusun dalam format yang telah disepakati sebelumnya yakni tujuh bab plus lampiran-lampiran.

Dalam rapat pleno itu, Benny K Harman dari Fraksi Partai Demokrat dan Fahri Hamzah dari Fraksi PKS berdebat.

Bennny ingin menyerhanakan isi laporan dan mendekatkan pandangan-padangan akhir fraksi yang tak sama, terutama soal fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) dan penyertaan modal sementara (PMS), sedangkan Fachry Hamzah menilai Tim Perumus tidak berwenang mengubah substansi pandangan akhir fraksi-fraksi kecuali pada rapat paripurna.

Idrus Marham meminta Tim Perumus melengkapi kesimpulan narasi dengan pandangan akhir fraksi-fraksi seperti pemilihan kata dan penulisan huruf yang masih salah, serta memformulasikan laporan kesimpulan Panitia Angket dalam bahasa dan format yang mudah dipahami.

Idrus juga meminta bagian kesimpulan berisi temuan-temuan yang mencerminkan pandangan fraksi-fraksi dalam bentuk sederhana termasuk opsi-opsinya untuk pandangan yang berdeda.

Dalam kesempatan tersebut tim perumus sepakat untuk bertemu lagi Kamis malam di Hotel Sultan Jakarta untuk membicarakan perbaikan laporan kesimpulan.

Sembilan orang anggota Tim Perumus adalah Benny K Harman (Fraksi Partai Demokrat), Agun Gunanjar Sudarsa (Fraksi partai Golkar), Hendrawan Supratikno (Fraksi PDI Perjuangan), Andi Rahmat (Fraksi PKS), Laurens (Fraksi PAN), Romahurmuziy (Fraksi PPP), Agus Sulistiono (Fraksi PKB), Ahmad Muzani (Fraksi Gerindra), dan Akbar Faizal (Fraksi Hanura).

Tim Perumus dipimpin Wakil Ketua Panitia Angket Mahfudz Siddiq.(*)

R024/A041/AR04

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010