Jakarta (ANTARA News) - Gol tunggal Firman Utina pada menit ke-33 memenangkan Persija Jakarta atas Sriwijaya FC dalam lanjutan Djarum Indonesia Super League (ISL) 2009/2010 di Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat.

Dengan hasil 1-0 ini Persija Jakarta bergerak ke papan atas klasemen ISL 2009/2010 dari posisi tujuh menjadi posisi lima dengan 32 poin.

Sejak menit pertama selaku tuan rumah Persija langsung menekan pertahanan Srwijaya FC yang dikawal oleh Charis Yulianto lewat duat Bambang Pamungkas dan Aliyudin.

Berbekal umpan terukur dari Bambang Pamungkas kepada Aliyudin dan diteruskan ke Firman Utina pada menit ke 5 gawang Sriwijaya FC nyaris kebobolan namun tendangan Firman masih melenceng tipis di gawang Hendro Kartiko.

Begitu juga sebaliknya. Sriwijaya lewat Keith Kayamba dan didukung Zah Rahan dan Arif Suyono beberapa kali mengancam gawang Persija yang dikawal M. Yasir.

Berkat kesigapan barisan pertahanan Persija yang dikawal oleh Abanda Hermah, gawang tim yang berjuluk Macan Kemayoran itu tetap aman.

Tuan rumah kembali mengancam. Lewat umpan Aliyudin kepada Musafry dan diteruskan pada Firman Utina akhirnya mampu menjebol gawang Hendro Kartiko pada menit 33 dengan tendangan "first time".

Dengan gol ini maka koleksi gol Firman Utina sejak bergabung dengan Persija pada ISL putaran kedua menjadi dua gol.

Unggul 1-0 tidak membuat anak asuh Benny Dolo ini menurunkan tempo pertandingan. Lolos dari jebakan offiside pada menit 39 Aliyudin nyaris membikin gol tetap tendangannya mampu diblok Hendro Kartiko. Hingga babak pertama berakhir kedudukan tetap 1-0 untuk Persija.

Memasuki babak kedua pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan menarik keluar Arif Suyono digantikan oleh Rahmad Rivai. Pergantian pemain ini membuat daya gedor tim yang berjuluk Laskar Wong Kito ini meningkat.

Terbukti pada menit 60 sundulan Obiora yang mendapatkan dari umpan Precious Emuejeraye nyaris membobol gawang M. Yasir namun demikian bola masih keluar lapangan.

Tuan rumah juga memiliki banyak peluang menambah gol, lewat M. Ilham dan Aliyudin beberapa tendangan kerasnya mengarah ke gawang, namun berkat kokohnya penjaga gawang Hendro Kartiko, Persija belum mampu menambah gol.

Sejak menit 80 Persija mulai mengurung pergerakan pemain Sriwijaya FC. Bola-bola panjang tim lawan terus dimentahkan oleh barisan pertahanan Macan Kemayoran.

Meski terkurung Sriwijaya FC terus berusaha mencari celah untuk menciptakan gol. Lewat tendangan jarak jauh M. Nasuha tim asal Palembang itu nyaris menyamakan gol, namun lagi-lagi M. Yasir lebih sigap dalam mengantisipasi arah bola.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit, kedudukan akhir tetap 1-0 untuk kemenangan tuan rumah Persija.

Adapun susunan pemain Persija : M. Yasir (gk), Ismed Sofyan, Abanda Herman, Baihaki Khaizan, Leo Tupamahu, Leo Saputra/Erik Setiawan, Mustafik Fahrudin/Rully Soputan, Firman Utina, TA Musafry/M. Ilham, Bambang Pamungkas dan Aliyudin.

Sedangkan Sriwijaya FC : Hendro Kartiko (gk), Charis Yulianto, Ambrizal/Chistian Warobai, Precious Emuejeraye, M. Nasuha, Ponaryo Astaman, Zah Rahan, Toni Sucipto, Arif Suyono/Rahmat Rivai, Anaore Obiora/Alamsyah Nasution, Keith Kayamba.
(B016/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010