Jakarta (ANTARA) - BMW Motorrad resmi memperkenalkan kendaraan roda dua terbaru mereka yang hadir dengan menggunakan seri M, produk tertinggi dari jajaran kendaraan BMW Global yakni BMW M 1000 RR.
​​​​​​
BMW M 1000 RR merupakan model M perdana dari BMW Motorrad yang berbasiskan S 1000 RR lansiran 2020. Pengembangan M RR sendiri mengikuti kesuksesan M Series yang telah dimulai sejak akhir 2018 silam.

"Mahakarya terbaik para insinyur BMW ini menonjolkan sektor performa yang menjadi fokus utamanya, dengan tenaga serta torsi lebih besar dibandingkan S 1000 RR," kata BMW Motorad dalam siaran persnya, Rabu (23/9).

Selain itu, motor yang hadir dengan menggandeng seri tertinggi dari produk BMW Global ini dilengkapi dengan material karbon yang disematkan di beberapa komponen plus dipasangkannya sayap (winglet) di bagian depan, turut menyumbangkan aksen balap ke dalam tubuh BMW M 1000 RR.

BMW M 1000 RR dibekali mesin berbasiskan versi RR yakni 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Bobot kotor pun hanya 192 kg.

Konfigurasi tersebut untuk memvariasikan waktu buka dan tutup katup yang telah dimodifikasi sedemikian rupa secara komprehensif ke arah mesin sport balap. Hasilnya, output yang mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak di angka 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm, plus kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm.

Secara teknis, mesin M 1000 RR memiliki optimisasi teknis yang ekstensif seperti piston baru 2-ring baru lansiran Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan menjadi 13,5, dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

BMW Motorad juga menghadirkan rocker arm yang lebih ramping dan ringan, port intake yang sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

Secara keseluruhan, mesin M 1000 RR baru lebih bertenaga dibandingkan power train RR di rentang 6.000 rpm - 15.100 rpm. Rentang putaran mesin tersebut sangat relevan untuk dinamika berkendara di trek balap, namun tetap layak digunakan di area perkotaan tanpa kehilangan sisi sporty-nya.


Baca juga: Aa Gym lelang motor turing kesayangannya

Baca juga: BMW Motorrad Indonesia luncurkan BMW F 900 R dengan harga Rp380 juta

Baca juga: Presiden Jokowi lihat motor BMW K100 Patwal Polda Jateng
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020