Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Purnomo mengatakan harta kekayaannya diperoleh dari cara yang legal dan sudah dilaporkan kepada KPK sejak dirinya diangkat memimpin lembaga tersebut.

"Ya tentunya seperti itu (legal), kan sudah lapor ke KPK," kata Hadi Purnomo saat dihubungi di Jakarta Senin menanggapi unjuk rasa Gerakan Rakyat Adili Koruptor di KPK siang ini yang meminta KPK untuk mengusut harta kekayaan Hadi Purnomo.

Hadi mengatakan dirinya dan semua anggota BPK yang baru sudah melaporkan daftar kekayaannya kepada KPK sebagai bentuk kewajiban sebagai pejabat publik atau penyelenggara negara.

Pernyataan Hadi juga dibenarkan Direktur Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang mengatakan bahwa semua pimpinan BPK sudah melaporkan kekayaannya kepada KPK. "Semua sudah lapor," katanya.

Sementara itu, dalam dokumen daftar kekayaan Hadi Purnomo yang diterima ANTARA, disebutkan nilai kekayaan untuk tanah dan bangunan sebesar Rp9,6 miliar, alat transportasi Rp370 juta, logam mulia Rp100 juta, batu mulia Rp400 juta dan barang-barang seni dan antik Rp1 miliar.

Dalam dokumen yang menyebutkan laporan kekayaan Drs Hadi Poernomo Ak, MBA. Bekerja di bidang lembaga keuangan, dengan jabatan mantan dirjen keuangan itu juga tercantum bahwa data itu telah dilaporkan per tanggal 14 Juni 2006.

Untuk tanah dan bangunan, tercantum kepemilikan sejumlah tanah di Bekasi dan Sawangan Jawa Barat, tanah di daerah Kembangan, Kalibata dan Pasar Minggu serta sejumlah apartemen di Taman Rasuna Kuningan dan Senayan dengan asal usul kekayaan dari hasil sendiri dan hibah.

Selain itu, di dokumen itu juga dilaporkan sebuah tanah dan bangunan di E Badillo Street Los Angeles yang dimiliki sejak tahun 1986 atas nama Melita Setyawati.

Di lembar kelima disebutkan jenis harta bergerak, ada 3 mobil, yaitu jenis Cherokee dengan tahun pembuatan 1994, dan tahun perolehan 1998 dan nilainya Rp120 juta.

Kedua mobil jenis Mercedez, dengan tahun pembuatan 1995, dan tahun perolehan 1998 dan nilainya Rp200 juta, serta terakhir, mobil jenis Toyota Kijang dengan tahun pembuatan 1994, dan tahun perolehan 1998.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010