Washington (ANTARA News/AFP) - Raksasa internet Google telah membeli Aardvark, layanan "social search" atau pencarian sosial yang mengandalkan kontak pengguna untuk menjawab pertanyaan.

"Saya bisa mengkonfirmasi bahwa kami telah menandatangani kesepakatan dengan Google," pendiri dan kepala teknologi Aardvark Damon Horowitz membalas email dari AFP. "Kami tidak dapat berkomentar lebih jauh saat ini."

Blog teknologi TechCrunch meletakkan harga pembelian sekitar 50 juta dolar.

Aardvark yang berbasis di San Francisco didirikan pada 2007. Para pendiri termasuk mantan anggota dari Google.

Aardvark menggunakan kontak dalam jaringan seseorang untuk memberikan jawaban pertanyaan via Web di Vark.com, instant messaging, email atau Twitter.

Dalam posting blog baru-baru ini, Aardvark mengatakan telah memiliki lebih dari 90.000 pengguna pada Oktober 2009 dan 87,7 persen dari pertanyaan yang dikirim ke Aardvark menerima jawaban dari seorang teman atau teman dari seorang teman.

Aardvark mengatakan 75 persen dari pengguna yang menanyakan pertanyaan Aardvark juga menjawab pertanyaan untuk orang lain.

Perusahaan membanggakan tim teknis dari "lebih dari 20 orang, termasuk insinyur dari masing-masing di Silicon Valley perusahaan teknologi besar" dan daftar situs beberapa lowongan pekerjaan.

CEO Google Eric Schmidt mengatakan dalam sebuah konferensi dengan para analis bulan lalu bahwa Mountain View, California, perusahaan berencana untuk mengakuisisi satu perusahaan tahun ini. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010