Moskow (ANTARA News/AFP) - Fiat Italia dan pembuat mobil Rusia Sollers akan menginvestasikan 2,4 miliar euro (3,3 miliar dolar AS) dalam usaha patungan baru untuk memproduksi mobil di Rusia, pemerintah Rusia menyatakan Rabu.

"Dengan proyek ini pemain utama kedua membuat pasar mobil penumpang di Rusia," setelah pembuat mobil terbesar Rusia, Avtovaz pemerintah mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kesepakatan untuk memproduksi sampai 500.000 mobil per tahun yang akan ditandatangani pada Kamis, ketika Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin melihat pabrik Sollers di Naberezhnye Chelny, di mana dan Fiat model Albea dan Doblo sudah dibangun.

Kepala Eksekutif Fiat Sergio Marchionne juga dirancang untuk menghadiri acara dibarat daya Rusia, Republik Tartastan.

Usaha patungan ini merupakan modal asing utama pertama di pasar mobil Rusia sejak krisis keuangan global memicu jatuhnya permintaan.

Rusia pernah berjanji untuk memiliki pertumbuhan tercepat di sektor otomotif dunia, tapi penjualan mobil turun 49 persen tahun lalu dibandingkan dengan 2008.

Mengutip seorang pejabat dan sumber perbankan, harian Kommersant mengatakan Selasa, bahwa pabrik Naberezhnye Chelny yang sekarang akan mulai memproduksi Fiat Linea dan berhenti membuat jip untuk pembuat mobil Korea Selatan bermasalah SsongYang.

Fiat dan Sollers telah bermitra sejak 2005, tetapi raksasa mobil Italia memiliki sejarah panjang bisnis di Rusia.

Pabrik Avtovaz yang luas di Tolyatti dirancang oleh Fiat di tahun 1970-an dan ikon mobil seperti Lada dan Niva, yang pernah mendominasi industri otomotif Soviet, adalah model setelah model pembuat mobil Italia tahun 1960-an. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010