Tokyo (ANTARA News/AFP) - Toyota akan menghentikan sementara atau menangguhkan produksi Lexus HS250h dan Sai hibrida pada akhir pekan setelah mengumumkan penarikan kembali ratusan ribu kendaraan hibrida secara global, kata juru bicara perusahaan Rabu.

Perusahaan akan berhenti memproduksi dua model mulai Sabtu hingga 20 Februari, kata juru bicara Toyota kepada AFP.

Perusahaan pada Selasa memperluas penarikan kembali secara global menjadi lebih dari 400.000 mobil Prius dan model hibrida bensin-listrik lainnya. Produsen mobil terbesar di dunia itu kini telah berjanji untuk memperbaiki 8,7 juta kendaraan di seluruh dunia.

Langkah tersebut mencakup Prius bensin-listrik terbaru serta plug-in Prius, sedan dan Sai Lexus HS250h.

Perusahaan akan menghentikan penjualan HS250h Sai dan Lexus di Jepang, sementara pihaknya bekerja pada bagaimana untuk memperbaiki mereka, kata jurubicara.

"Begitu kami memutuskan kapan tepatnya kami bisa membuat perubahan (untuk kendaraan), kami akan memutuskan kapan untuk melanjutkan produksi," tambahnya. "Kami telah menyesuaikan produksi kami karena kami tidak bisa menjual model-model tersebut bahkan jika kami membuatnya."

Dealer Toyota di Jepang telah mulai memperbaiki masalah software yang dapat membuat rem lambat untuk merespon pada Prius generasi ketiga, hibrida utama perusahaan. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010