Jakarta (ANTARA) - Produsen kendaraan asal Jerman, Audi resmi menghadirkan kendaraan generasi kedelapan dari sedan full-size akhirnya hadir di Tanah Air, yakni The All-New Audi A6 yang akan dibanderol mulai dari Rp1,490 miliar (on the road DKI Jakarta).

Mobil sedan lansiran Ingolstadt, Jerman, All-New Audi A6 hadir tak hanya memberikan tampilan yang semakin sporty sekaligus tetap kental akan nilai-nilai yang elegan, mobil ini juga menawarkan berbagai inovasi terdepan di kelasnya, baik dalam hal digitalisasi, kenyamanan dan sportifitas.

"The All-New Audi A6 akan menyuguhkan pengalaman berkendara istimewa yang tak ditawarkan oleh rival di kelasnya. Keunggulan akan nilai-nilai inovatif ditawarkan melalui penggunaan Multi Media Interface (MMI) terbaru dengan berbagai kemudahannya, desain yang sporty tanpa meninggalkan kesan elegan serta keunggulan rekayasa teknologi yang menjadikan mobil ini seakan menawarkan kemewahan kelas bisnis di atas empat roda," ungkap Presiden Direktur PT GMM, Andrew Nasuri dalam keterangan resminya, Rabu.

Di Indonesia sendiri, The All-New Audi A6 hadir dengan dua varian yang dapat dipinang oleh konsumen setia mereka, yakni All-New Audi A6 2.0 TFSI dan All-New Audi A6 3.0 TFSI quattro.

Mesin yang pertama adalah mesin V6 3.0 liter TFSI berbahan bakar bensin pada Audi A6 3.0 TFSI quattro yang mampu menyemburkan tenaga puncak hingga 340 HP dan torsi maksimal 500 Nm. Seluruh daya yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan ke sistem penggerak empat roda quattro khas Audi melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic.

Mesin V6 3.0 liter TFSI ini mampu meluncur dari 0 – 100 km/jam hanya membutuhkan waktu sekitar 5,1 detik dengan kecepatan puncak dibatasi 250 km/jam. Dalam hal efisiensi, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi sebesar 7,1 – 6,7 liter/100km. Sementara emisi CO2 yang dihasilkan hanya 161 – 151 g/km.

Sedangkan untuk mesin pilihan kedua, mobil ini hadir dengan mesin 2.0 TFSI, mesin yang digunakan adalah mesin 4-silinder segaris 2,0 liter berbahan bakar bensin yang mampu menghasilkan tenaga puncak 190 HP dan torsi maksimal 320 Nm.

Untuk tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic. A6 bermesin 2.0 liter ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik.

Dalam urusan teknologi, mobil yang dibanderol lebih dari Rp1 miliar ini menghadirkan teknologi mild-hybrid terbaru yang dimiliki Audi untuk semua varian yang ditawarkan oleh Audi pada The All-New Audi A6.

Teknologi ini menggunakan belt alternator starter (BAS) yang bekerja bersama dengan baterai lithium-ion berkapasitas 10 Ah. The All-New Audi A6 dapat menjelajah tanpa mesin yang menyala pada kecepatan antara 55 hingga 160 km/jam. Fungsi start-stop akan dimulai pada kecepatan 22 km/jam.

Mesin akan mulai menyala dari kondisi diam, segera begitu mobil di depan The All-New Audi A6 mulai bergerak. Saat melakukan deselerasi, BAS akan mengembalikan kembali energi hingga 12 kW. Dalam kondisi pengendaraan nyata, teknologi mild-hybrid ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter per 100 km.

Mobil generasi kedelapann ini hadir dengan dimensi yang sangat memanjakan konsumen, The All-New Audi A6 hadir dengan ruang kaki (legroom) yang lebih besar dibandingkan generasi A6 sebelumnya juga jika dibandingkan rival di kelasnya.

Sedangkan untuk ruang kepala (headroom) dan ruang bahu (shoulder room) juga semakin luas. Soal akomodasi, bagasi menawarkan ruang lebih luas dengan kemampuan mengangkut dua tas golf besar secara horizontal dengan kapasitas total 530 liter.
The All-New Audi A6 (ANTARA/Ho)

Kenyamanan dari The All-New A6, semakin diperkuat berkat adanya tingkat kebisingan yang rendah di dalam kabin. Struktur bodinya menjadi salah satu faktor penentu hal ini.

The All-New Audi A6 sudah menggunakan suspensi five-link pada bagian depan dan belakang yang menggunakan bahan aluminium. Kedua sub-frame ini – rigid di bagian depan dan dengan dudukan hidrolik di bagian belakang yang menghubungkan roda dengan bodi.

Jarak pijak depan memiliki lebar 1.630 mm dan belakang 1.617 mm. Pengemudi juga dapat memilih mode pengendaraan lebih dinamis melalui Audi Drive Select yang akan mengatur semua setting suspensi dengan pilihan comfort, auto dan dynamic.

Di bagian roda, The All-New Audi A6 2.0 TFSI ditopang dengan velg alloy berukuran 8Jx18 inci bergaya multi-spoke dengan balutan ban 225/55 R18. Sementara The All- New Audi A6 3.0 TFSI quattro mendapatkan velg alloy 8,5J x 20 inci dengan model 5- spoke V-style berlapis warna Contrast Gray dengan balutan ban berukuran 255/40 R20.

Sebagai agen pemegang merek resmi Audi di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor menjual mobil ini dengan harga Rp1.950 miliar (on the road DKI Jakarta) untuk model The All-New Audi A6 3.0 TFSI quattro dan Rp1.490 miliar (on the road DKI Jakarta) untuk The All-New Audi A6 2.0 TFSI.


Baca juga: VW sesumbar langkahi pencapaian Tesla

Baca juga: Audi A3 akan hadir dengan versi "long-wheelbase" di China

Baca juga: Empat bekas manajer Audi terseret skandal diesel
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020