Pertashop adalah komitmen kami mendukung Pertamina dalam menjawab kebutuhan akan penyediaan fasilitas BBM di daerah-daerah terpencil yang jauh dari SPBU
Jakarta (ANTARA) - PT Barata Indonesia (Persero) menyelesaikan pembangunan fasilitas Pertashop batch pertama untuk PT Pertamina (Persero) dalam memberikan penyediaan BBM yang merata di seluruh pelosok Tanah Air.

Sebagai BUMN industri manufaktur, Barata memastikan penyelesaian pekerjaan tetap berjalan di tengah ketatnya arus kas perusahaan akibat COVID-19.

Kepastian ini juga merupakan komitmen perseroan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, harga yang kompetitif, dan delivery product yang tepat waktu.

Baca juga: Tingkatkan TKDN, Pertamina gandeng sembilan perusahaan

Direktur Utama Barata Indonesia Fajar Harry Sampurno dalam informasi tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu mengatakan Pertashop produksi Barata Indonesia ini merupakan bentuk dukungan perseroan dalam membuka akses energi masyarakat pedesaan di berbagai wilayah Indonesia.

"Pertashop adalah komitmen kami mendukung Pertamina dalam menjawab kebutuhan akan penyediaan fasilitas BBM di daerah-daerah terpencil yang jauh dari SPBU," ujar Harry.

Bahkan melalui sinergi ini, Barata Indonesia kembali dipercaya dan telah mengantongi kontrak pengadaan Pertashop batch selanjutnya.

Perseroan berperan dalam penyediaan dan fabrikasi sarana dan prasarana stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mini sesuai dengan standar dan spesifikasi yang ditetapkan. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi konsumen.

Pertashop merupakan produk sinergis antara Divisi Usaha Bersama dan Divisi Industri Komponen dan Pemesinan Barata yang terdiri atas tangki double wall kapasitas tiga kiloliter standar above ground dengan concrete insulation yang mengikuti spesifikasi UL 2085, container dimensi luar 2.400x2.400x2.590 mm3 lengkap dengan accesories, fuel system, pipelines serta peralatan mekanikal dan elektrikal terintegrasi yang telah memenuhi standar safety dan SPBU modular.

Berdasarkan catatan perseroan, produk Pertashop kini telah tersebar dan beroperasi di beberapa provinsi Tanah Air antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Bali.

Lebih lanjut, perseroan berharap produk Pertashop dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan ekonomi masyarakat desa melalui kemitraan dengan PT Pertamina Retail, anak usaha PT Pertamina yang berwenang dalam mengelola Pertashop.

Hal ini diharapkan juga akan berdampak pada pengembangan berbagai pelaku usaha lainnya di pedesaan seperti petani, nelayan, bengkel, dan industri rumahan.

Baca juga: Komut Pertamina minta Pertashop hadir di seluruh desa
Baca juga: Pertamina MOR 1 targetkan 25 titik Pertashop di Sumut

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020