Surabaya (ANTARA News) - Pebulutangkis tuan rumah Aprilia Yuswandari membuka peluang untuk merebut gelar juara, setelah memastikan lolos ke babak semifinal Yonex Sunrise Kejuaraan Nasional Bulu Tangkis 2009, Kamis malam.

Pada laga perempat final di GOR Sudirman Surabaya, Aprilia yang menjuarai Kejurnas 2007 menang straight set 21-18, 21-18 atas Firdasari dan akan bertemu unggulan ketiga Maria Kristin Yulianti, Jumat (29/1).

Peraih medali perunggu Olimpiade 2008 ini melaju ke babak empat besar dengan kemenangan 21-15, 21-12 atas rekannya dari Jateng, Maria Elfira Christina.

"Terakhir bertemu Kristin di turnamen internal Pelatnas dan saya mengalahkan dia. Saya cukup yakin bisa menang lagi besok di semifinal," kata Aprilia usai pertandingan.

Pebulu tangkis asal klub Semen Gresik ini mengaku sejak awal sudah sangat optimistis bisa mengatasi pemain tunggal putri terbaik Indonesia, Ardiyanti Firdasari.

"Memang sempat sedikit kehilangan konsentrasi di set pertama, tapi kemudian bisa main bagus lagi," tambahnya.

Maria Kristin Yulianti yang ditemui terpisah mengatakan dirinya dan Aprilia telah mengetahui karakter permainan masing-masing dan saling mengalahkan saat latihan di Pelatnas.

"Tapi saya justru sering kalah sama dia kalau di latihan. Tapi di pertandingan resmi, hasilnya bisa lain," kata Kristin sedikit bercanda.

Partai semifinal putri lainnya akan mempertemukan mantan penghuni Pelatnas Fransiska Firdasari menghadapi unggulan kedua Maria Febe Kusumastuti.

Tunggal Putra

Pada nomor tunggal putra, empat pemain unggulan teratas memastikan lolos, yakni Simon Santoso, Sony Dwi Kuncoro, Andre Kurniawan Tedjono, dan Dionysius Hayom Rumbaka.

Simon Santoso (DKI Jakarta) mengalahkan Bandar Sigit Pamungkas (Jateng) 21-13, 21-14 dan akan menghadapi Andre Kurniawan yang menang atas Fauzi Adnan 21-16, 21-13.

Sedangkan unggulan kedua Sony Dwi Kuncoro yang menghentikan Nandang Arif Saputro (DKI) 21-14, 21-14, selanjutnya ditantang Hayom Rumbaka yang menumbangkan Tommy Sugiarto (DKI) 21-17, 21-15.

"Kondisi saya sudah semakin bagus dan makin yakin bisa mencapai final. Tapi saya harus tetap waspada dengan permainan Hayom," kata Sony selepas memenangi pertandingan selama 30 menit.

Simon Santoso juga merasa yakin bisa mengatasi Andre Kurniawan dan berharap bisa ketemu andalan tuan rumah Sony Dwi Kuncoro di partai final.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010